5 Cara agar AC Hemat Listrik, Nomor Satu Sering Terlewatkan

5 Cara agar AC Hemat Listrik, Nomor Satu Sering Terlewatkan

Cara agar AC hemat listrik | Foto: Bhineka--

RADAR TEGAL – Ketika musim kemarau tiba, pasti banyak dari Anda yang merasa panas dan gerah. Beberapa orang pun memutuskan untuk menggunakan AC di rumah. Berikut cara agar AC hemat listrik.

Pada saat suhu dan kelembapan meningkat, pendingin ruangan alias AC bisa membuat Anda dan keluarga tetap nyaman di dalam rumah. Nah, lalu bagaimana cara menggunakan Ac agar hemat listrik? Melansir dari Kompas.com, berikut caranya.

BACA JUGA: Cara Jitu Memaksimalkan Kinerja AC di Musim Kemarau, Beneran Bikin Dingin

5 Cara agar AC Hemat Listrik

1. Setel Suhu AC dengan Tepat

Tahukah Anda bahwa suhu standar AC yakni 24 derajat celcius. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa sekitar 6 persen listrik dihemat untuk setiap derajat kenaikan suhu AC.

Semakin rendah suhu Ac maka akan semakin lama kompresornya bekerja, nah hal tersebut bisa meningkatkan tagihan listrik Anda.

Oleh karena itu, apabila Anda memilih untuk membiarkan AC menyala pada suhu standarnya, maka  Anda dapat menghemat listrik hingga 24 persen yakni selisih empat derajat, diaklikan dengan 6 persen penghematan listrik.

BACA JUGA: Lagi Cari AC Bagus dan Murah Merk Apa? Ini Daftar Lengkapnya

2. Perlu Menjaga Suhu AC pada 24 Derajat, Bukan 18 Derajat Celsius

Apabila Anda  tinggal di perkotaan dengan suhu pada siang hari rata-rata 34 derejat cdelcius ke atas, maka Anda perlu menyetel AC ke  10 derajat lebih rendah sudah meruapkan jeda  yang bagus.

Tidak  hanya itu,  suhu tubuh Anda rata-rata 36 hingga 37 derajat. Jadi,  suhu setiap ruangan dibawahnya pasti sejuk bagi Anda.

Oleh karena itu, ubahlah kebiasaan Anda dari menurunkan suhu ke 18 derajat celcius dengan menjaganya di kisaran 23 hingga 24 derajat celcius.

Dengan begitu, Anda pun akan segera menyadari bahwa meskipun pada suhu 24 derajat celcius, rumah Anda akan tetap sejuk dan nyaman.

BACA JUGA: AC Rumah Tidak Dingin? Ternyata Ini 5 Penyebabnya

3. Pastikan Ruangan Anda Tertutup saat AC Menyala

Tahukah Anda bahwa menutup pintu sepertinya tidak perlu Anda pikirkan lagi apabila menyangkut AC.

Namun,  pastikan juga semua jendela tertutup juga agar udara dingin tidak keluar dari ruangan.

Tarik tirai supaya panas matahari tidak masuk ke ruangan.

Tidak hanya itu, perangkat elektronil berat seperti kulkas, TV, dan komputer menghasilkan banyak panas dan membuat AC bekerja lebih keras. Oleh karena itu, matikan TV dan komputer sebelum Anda menyalakan AC, ya.

Lalu. Biarkan ruangan agak dingin,  kemudian Anda bisa menyalakan kembali. Pada saat melakukannya, Anda juga perlu atur ulang furnitur sehingga tidak emnghalangi ventilasi udara.

4. Nyalakan Kipas Angin dan AC untuk Megurangi Konsumsi Energi

Ketika menyalakan AC, maka  Anda perlu tetap menyalakan kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit.

Dengan bersama-sama,  keduanya bisa menjaga ventilasi ruangan dan mengedarkan udara sejuk di semua sudut.

Tidak hanya itu,  Anda juga tidak perlu terus menurunkan suhu AC.

Kemudian, untuk pendinginan yang efisien dengan penggunaan energi seminimal mungkin, mulailah dengan menyalakan kipas angin dan mengusir udara panas di ruangan, lalu nyalakan AC.

BACA JUGA: Lakukan 5 Cara Ini Supaya AC Rumah Anda Awet

5. Anda Perlu Servis dan Membersihkan AC secara Rutin

Tahukah Anda bahwa semua kotoran yang emnumpuk di saluran dan ventilasi AC dapat membuatnya bekerja ekstra keras unntuk dapat memastikan udara sejuk mencapai ruangan.

Dengan membersihkan atau mengganti filter Ac kotor denan yang baru, maka bisa menurunkan konsumsi energi Ac hingga 5 sampai 15 persen.

Tidak hanya itu, hal ini juga akan mencegah AC rusak atau membutuhkan perbaikan.

BACA JUGA: Ketahui Keunggulan dan Daftar AC Portable Terbaik dengan Harga Mulai Rp1 Jutaan

Demikian ulasan mengenai cara agar AC hemat listrik. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: