Sangat Bahaya Jika Alami Kerusakan! Kenali Tanda - tanda Tutup Radiator Mobil yang Rusak

Sangat Bahaya Jika Alami Kerusakan! Kenali Tanda - tanda Tutup Radiator Mobil yang Rusak

Tanda-tanda tutup radiator mobil alami kerusakan (pict from istockphoto)--

RADAR TEGAL - Sering dianggap remeh, namun jika alami kerusakan tutup radiator mobil bisa menyebabkan beragam bahaya. Tutup radiator mobil punya manfaat yang besar bagi mobil, seperti mengeluarkan udara panas maupun menarik air guna menjaga tekanan yang stabil di dalamnya.

Kerusakan akibat tutup radiator yang rusak bisa membuat mesin mengalami overheat. Apakah hanya mengalami overheat? tentu tidak! bahkan bagian - bagian lainnya yang terdapat dalam mobil juga sangat besar potensi mengalami kerusakannya.

Jika tidak ingin mobil Anda mengalami kerusakan seperti yang telah dijelaskan, oleh karenanya kenali tanda - tanda tutup radiator mobil yang rusak sebelum terlambat.

Jika tekanan diketahui telah melampaui batas yang ada, sudah dipastikan muatan di dalamnya bisa membuka penutup dengan sendirinya. Kemudian membuang kelebihan tekanan tersebut ke tempat reservoir tank radiator.

BACA JUGA: Rekomendasi Mobil Sedan Toyota Harga di Bawah 300 Jutaan, Bandel dan Gak Ngeselin Cocok untuk Pemula

Namun jika tekanan diketahui kurang dari batas yang ada, justru tutup dari radiator nya bisa berpotensi membuka vacuum valve. Hal ini bisa mengakibatkan air yang terdapat dalam reservoir tank radiator ter tarik, yang mana tujuannya adalah untuk memberikan tekanan tambahan serta membuatnya tetap stabil.

Seperti yang kita sudah bahas di atas, tujuan tutup radiator ini adalah sebagai penyeimbang dan menyetabilkan tekanan yang ada di dalam. Selain itu, tugas dari adanya tutup radiator ini adalah menjaga supaya kebocoran air tidak terjadi.

Di bawah ini RADAR TEGAL akan menjelaskan apa saja yang menjadi tanda - tanda tutup radiator mobil yang rusak. Dari pada penasaran, yuk simak terus penjelasannya dalam artikel berikut.

1. Mesin alami overheat

Pertama, tanda yang bisa kalian ketahui dari radiator mobil yang rusak adalah ketika mesin mengalami overheat. Yes, overheat merupakan suatu kondisi dimana kendaraan kalian tersebut mengalami suhu panas yang sangat tinggi.

BACA JUGA: Wuling Air EV, Mobil City Car Zaman Now yang Irit Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

Dari sana jika mobil kalian mengalami kondisi tersebut, bisa bergegas untuk mengecek bagian tutup radiatornya apakah benar mengalami kerusakan atau tidak. 

2. Karet pada pressure valve pecah

Kedua, tanda yang bisa kalian ketahui adalah mengecek karet yang letaknya di bagian pressure valve. Jika radiator mobil rusak biasanya salah satu penyebabnya datang dari karet pada bagian pressure valve pecah.

Sumber: