Warga Diminta Waspada Peredaran Uang Palsu saat Pemilu 2024

Warga Diminta Waspada Peredaran Uang Palsu saat Pemilu 2024

Anggota Polres Tegal Kota mengajak warga mewaspadai peredaran uang palsu--

RADAR TEGAL - Masyarakat diminta untuk mewaspadai peredaran uang palsu di lingkungan, utamanya saat pemilihan umum (Pemilu). Karenanya, mereka diajak untuk mengenali ciri-ciri uang asli agar tidak menjadi korban.

Terkait itu, jajaran Satbinmas Polres Tegal Kota menggelar sosialisasi Cinta, Bangga dan Paham (CBP) Rupiah di RT03 RW02 Kelurahan Debong Tengah, Tegal Selatan, Kota Tegal. Tujuannya, agar masyarakat dapat terhindar dari kejahatan uang palsu.

Menurut Kaur Binops Satbinmas Polres Tegal Kota Ipda Juli Triana, sosialisasi bertujuan untuk mencegah dan mengantisipasi beredarnya uang palsu. Apalagi, menjelang perhelatan Pemilu 2024 seperti sekarang ini.

Sebab, kata Ipda Yuli, moment Pemilu rawan dimanfaatkan para pelaku kejahatan. Untuk mengedarkan uang tersebut. 

Baca Juga: 41.636 Lembar Uang Palsu Diamankan di Pantura Barat, Duit Baru Sulit Dipalsukan

"Pemilu, rentan dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan untuk mengedarkan uang tersebut. Sehingga, perlu kewaspadaan bersama,”ujarnya.

Ipda Yuli mengatakan agar terhindar dari kejahatan uang palsu, masyarakat perlu mengenali keaslian uang rupiah. Yakni, melalui metode 3 D, dilihat, diraba dan diterawang.

"Selain itu, kami juga mengajak masyarakat untuk tidak mencorat-coret mata uang rupiah. Karena hal itu dapat merusak uang aslinya,"tandasnya.

Ipda Yuli juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan. Dengan meningkatkan Satkamling menjelang pesta Pemilu 2024 mendatang.

"Kami mendorong kepada seluruh warga, untuk menggiatkan kembali Satkamling atau ronda malam. Harapannya, dapat menjaga kondusifitas keamanan lingkungan,"pungkasnya. (*)

Sumber: