Selain Bazar, Ada Pasar Tani di Peringatan Hari Pangan Sedunia di Kota Tegal

Selain Bazar, Ada Pasar Tani di Peringatan Hari Pangan Sedunia di Kota Tegal

Pasar Tani dalam rangka peringatan hari pangan sedunia di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Selain menggelar bazar, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal juga menyelenggarakan pasar tani dalam peringatan hari pangan sedunia, Senin 16 Oktober 2023. Pada kesempatan itu, dijual produk-produk hasil dari UMKM binaan Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKPPP).

Kepala DKPPP Sirat Mardani mengatakan pada peringatan hari pangan sedunia, di Kota Tegal ada 3 titik penyelenggaraan pasar murah. Dua diselenggarakan Provinsi dan 1 titik digelar pihaknya.

"Kalau yang dua titik ada di Tegal Timur dan Tegal Selatan itu penyelenggaranya dari Provinsi. Sementara di Tegal Barat dari DKPPP Kota Tegal,"katanya.

Selain pasar murah, kata Sirat, pada peringatan hari pangan sedunia juga digelar pasar tani. Di mana, pada kegiatan tersebut pihaknya menjual aneka hasil olahan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) binaan dinas.

Baca Juga: Gerakan Pangan Murah Digelar di 3 Titik di Kota Tegal, Sediakan Kebutuhan Pokok dengan Harga Terjangkau

"Jadi selain menjual beras, kita juga memberdayakan UMKM binaan Dinas dan KWT. Dengan menjual aneka produk olahan makanan dan hasil kebun sendiri,"jelasnya.

Adapun komoditas selain beras yang dijual, kata Sirat, yakni produk olahan perikanan seperti empuk-empuk dan frozen food. Kemudian juga ada sayur mayur hasil panen kebun sendiri seperti terong, kubis, kentang, kangkung, bayam, rempah-rempah dan toga. 

Sebelumnya, Sekda Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono mengatakan kegiatan GPM dalam rangka hari pangan sedunia merupakan wujud dari komitmen pihaknya ntuk menyediakan produk-produk yang dibutuhkan. Sehingga, masyarakat memiliki kemampuan untuk membelinya.

"Pada kegiatan kali ini kita menyediakan sejumlah kebutuhan pokok seperti, beras, telor. Serta beberapa produk-produk komiditi lain yang memang dibutuhkan oleh masyarakat dengan harga terjangkau,"ujarnya.

Agus berharap melalui GPM dalam rangka hari pangan sedunia ini masyarakat memiliki kemampuan daya beli yang tinggi. Sehingga, dapat memenuhi kebutuhan pokok sesuai dengan kebutuhan mereka. (*)

Sumber: