Girangnya, 123 Petani di Brebes Dapat Bantuan Pompa Air BBG

Girangnya, 123 Petani di Brebes Dapat Bantuan Pompa Air BBG

Petani di Brebes mendapatkan bantuan pompa air BBG.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 123 petani di Kabuapten Brebes mendapatkan bantuan pompa air berbahan bakar gas. Bantuan pompa air berbahan bakar gas itu diharapkan dapat meningkatkan hasil panen di tingkat petani.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin yang diwakili Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan M Furqon Amperawan mengatakan, pendistribusian paket perdana konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk petani sasaran di Kabupaten Brebes.

Menurutnya, dalam rangka menjamin ketahanan energi nasional serta untuk meningkatkan kesejahteraan petani sasaran perlu adanya kebijakan diversifikasi energi. Yakni berupa penyediaan LPG dan mesin pompa air bagi petani sasaran yang melakukan usaha tani tanaman pangan atau hortikultura. 

"Program ini merupakan program kemitraan Kementerian ESDM dengan Komisi VII DPR RI," ungkapnya.

BACA JUGA:DPKP Berharap Keberadaan ECF Dapat Membantu Menyerap Hasil Pertanian di Brebes

Dalam bantuan tersebut, petani mendapatkan bantuan berupa mesin pompa air, Converter Kit dan kelengkapan pemasangannya. Misalnya seperti, Bracket, Regulator, Tabung LGP, Selang Hisap dan Buang.

"Kami berharap program konversi BBM ke BBG bisa terus berlanjut, sehingga seluruh petani yang ada di Kabupaten Brebes bisa merasakan bantuan serupa. Selain itu, kami juga berpesan kepada penerima manfaat bantuan agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Serta, yang paling penting bantuan alat tersebut langsung dipakai tidak boleh disimpan," tukasnya. 

Perwakilan dari Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM Sabardiman menyampaikan, bantuan pompa air berbahan gas tersebut juga sangat menguntungkan bagi petani. Pasalnya, alat tersebut jauh lebih hemat dibandingkan pompa berbahan bakar minyak.

"Dari hasil uji penggunaan, ternyata pompa air berbahan bakar gas ini lebih hemat 65 persen dibanding yang menggunakan solar atau bensin," ucapnya.

BACA JUGA:DPKP Brebes Salurkan 124 Alat Pertanian ke Poktan di 17 Kecamatan

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes, Yulia Hendrawati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI yang sudah menyalurkan bantuan alat pertanian bagi para petani sasaran di Kabupaten Brebes.

"Kami berharap, dengan bantuan pompa air berbahan bakar gas ini juga akan semakin menambah produktifitas hasil pertanian di Kabupaten Brebes," pungkasnya. (*)

Sumber: