DC Pinjol Akan Datang ke Rumah! Perhatikan 4 Hal Ini Agar Galbay Cepat Terlunasi

DC Pinjol Akan Datang ke Rumah! Perhatikan 4 Hal Ini Agar Galbay Cepat Terlunasi

Debt Collector datang ke rumah-freepik.com-

RADAR TEGAL - Jika kamu alami gagal bayar alias gagbay, resikonya DC pinjol akan datang ke rumah. Tetapi mereka baru akan berkunjung ke tempat tinggal bila panggilan melalui telepone tidak terjawab dan penagihan tidak berhasil.

Cara kerja DC pinjol memang khas dan tergolong nekat. Apalagi terbukti bahwa nasabah galbay utang sampai jatuh tempo.

Sebelum memutuskan datang ke rumah, ada beberapa tanda yang memastikan DC pinjol akan nekat menyambangi tempat tinggal mu.

Hal menarik ketika DC Pinjol berusaha menemui nasabah galbay, terlihat jelas dari perilaku debt collector yang tidak biasa, atau lebih agresif.

BACA JUGA:Jangan Panik! Berikut 5 Pinjol Tanpa BI Checking yang Jadi Incaran Para Nasabah Galbay Indonesia

Tingkah laku seperti ini memang disengaja dan direncanakan sebelumnya, karena ingin mendatangi ke rumah nasabah.

Panggilan dan pesan dari pinjol

Selain tingkah laku atau gerak-gerik mencurigakan perhatikan pula frekwensi panggilan telepone lebih sering kemudian isi pesan lebih mengancam.

Setelah dering telepone kian santer berbunyi, mereka akan sering menelpon dengan nada mengancam atau intimidasi kemungkinan besar debt collector akan mendatangi rumah.

Telepone sering berdering biasanya ada aktivitas yang mencurigakan sekitar rumah ditandai gerak-gerik seseorang dan kemungkinan ia DC pinjol.

Tetapi perlu diperhatikan, cara mereka akan ke rumah yang mengamati terlebih dahulu tempat tinggal memastikan apakah alamat domisi benar.

BACA JUGA:5 Risiko Jika Kabur dari Tagihan DC Pinjol, Bukan hanya Skor Kredit Jadi Buruk

Jika benar-benar DC pinjol menyambangi rumah tidak perlu panik, takut, apalagi sampai kabur melarikan diri, seperti main petak umpet dengan debt colletor.

Kalau seperti ini, bukan menyelesaikan masalah, justru ajan makin rumit dan kemudian akan muncul masalah baru. Ada baiknya tetap tenang tidak lupa kendalikan emosi kemudian lakukan langkah ini:

Terima debt cillector dengan baik

Karena merasa utang belum lunas biasanya malah menghindar menutup pintu tidak mau menemui debt collector.

Tidak baik berperilaku seperti itu. Lebih baik terima kedatangannya dengan terbuka, karena bagaimanapun seorang nasabah wajib membayar seluruh utangnya hingga lunas.

Tanyakan surat tugas sampai identitas

Terkadang ada sebagian menerima DC pinjol dengan kata-kata kasar langsung menutup pintu rumah. Namun ada baiknya tanyakan saja identitas atau surat tugas agar menghidari debt collector ilegal.

BACA JUGA:Jangan Panik! Berikut 5 Pinjol Tanpa BI Checking yang Jadi Incaran Para Nasabah Galbay Indonesia

Pastikan pula bahwa surat peringatan yang dikirim memuat jumlah hari keterlambatan utang belum terlunasi.

Perhatikan pula posisi akhir total utang belum dilunasi atau pokok terutang kemudian bunga harus dibayar serta denda terutang.

Jelaskan kondisi keuangan

Tidak hanya menanyakan kartu identitas saja. Pastikan pula menjelaskan kondisi keuangan yang sebenarnya sedang dialami.

Tidak usah takut memberi penjelasan mengapa mengalami keterlambatan membayar utang. Dan pastikan pula memberi tahu apa saja kendala dihadapi dengan menyampaikan alasannya yang tepat

Bayar utang jika cukup uang

Ketika DC pinjol datang kalau memang mempunyai uang cukup segera melunasi cicilan utang. Meskipun begitu sulit langsung membayar semua pinjaman yang ada.

Apabila tidak memungkinkan melunasi utang, masih ada solusi alternatif lainnya dengan menggunakan angsuran sesuai kemampuan secara bertahap disesuaikan prosedur pembayaran.

Ada ancamaman dan intimidasi laporkan pihak berwajib

Walaupun diterima baik, kedatangan debt collection terkadang muncul ancaman atau intimidasi yang tiba-tiba dilakukan oleh DC pinjol.

Kalau memang ancaman, tindakan kekerasan serius tidak perlu takut melaporkan ke pihak berwajib Kepolisian atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Demikian tadi ulasan singkat mengenai DC pinjol akan datang ke rumah yang biasanya ditandai dering telepone.

BACA JUGA:Ini Cara Penagihan Hutang yang Sadis oleh DC Pinjol kepada Nasabah Galbay, Hati-hati!

Bahkan perilaku maupun gerak-gerik di sekitar rumah yang terlihat mencurigakan, apabila benar-benar datang hadapi dengan baik tanyakan kartu identitas.

Kemudian kalau perlu jelaskan kondisi keuangan yang sebenarnya tetapi debt collector melakukan ancaman segera lapor ke pihak berwajib.

Kesimpulan

Galbay memang banyak masalah yang paling fatal DC pinjol akan datang ke rumah yang ditandai gerak-gerak dan perilaku sekitar rumah dan telepone terus berdering.

Tidak usah takut hadapi dengan tenang dan pastikan membayar utang kalau uang cukup dan lakukan pembayaran secara angsuran jika tidak ingin diganggu oleh sang debt collector. (*)

Sumber: