Fraksi-fraksi di DPRD Kota Tegal Soroti Raperda APBD 2024

Fraksi-fraksi di DPRD Kota Tegal Soroti Raperda APBD 2024

Rapat paripurna DPRD Kota Tegal--

RADAR TEGAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal menggelar rapat paripurna pembacaan pemandangan umum (PU) fraksi, Senin 9 Oktober 2023 siang. Pemandangan tersebut terkait dengan nota keuangan rancangan APBD 2024.

Secara bergantian melalui juru bicara masing-masing, 6 fraksi di DPRD Kota Tegal menyampaikan PU-nya. Rapat paripurna sendiri dipimpin langsung Ketua Dewan Kusnendro didampingi para Wakil Ketua Habib Ali Zaenal Abidin dan Wasmad Edy Susilo.

Hadir dalam rapat paripurna DPRD Kota Tegal tersebut, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono. Serta, pejabat lainnya yang ada di Pemerintah Kota (Pemkot).

Juru bicara Fraksi Partai Golkar Enny Yuningsih mengatakan pihaknya memberikan beberapa saran. Salah satunya bagi OPD yang menangani kegiatan pada 2023, yang belum mencapai target segera memacu pelaksanaannya.

Baca Juga : DPRD Kota Tegal Setujui Raperda APBD Perubahan 2023 Jadi Perda

"Sehingga kegiatan dapat diselesaikan sebelum 2023 berakhir. Atau selambat-lambatnya 20 desember 2023 sudah selesai 100 persen,"katanya.

Adapun juru bicara Fraksi PKS DPRD Kota Tegal Amiruddin, menyampaikan beberapa sikap, salah satunyan terkait rencana kerja Pemerintah Daerah 2023. Sebagaimana yang tersaji dalam RKPD 2023.

"Tema pembangunan Kota Tegal 2023 adalah, perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Serta pemantapan SDM yang berkualitas untuk meningkatkan daya saing dan perekonomian daerah dengan menetapkan tujuh prioritas pembangunan,"ujarnya.

Kemudian, kata Amirudin, di 2024, ketujuh prioritas pembangunan tersebut juga dijadikan sebagai perwujudan sasaran pembangunan. Selanjutnya, Fraksi PKS meminta penjelasan tentang prioritas di 2023 yang tertunda.

Baca Juga: 6 Fraksi di DPRD Kota Tegal Soroti Rencana Kenaikan Pendapatan dalam APBD Perubahan 2023

"Apa sajakah prioritas kegiatan di 2023 yang tertunda. Mengingat masa jabatan akhir Walikota Tegal berakhir Desember 2023,’’tandasnya.

Sementara itu, rapat paripurna DPRD Kota Tegal juga mendengarkan sambutan Walikota Dedy Yon Supriyono. Itu, terkait dengan Progtam Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) di 2024. 

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Tegal. Sebab, telah berusaha keras dengan mencurahkan segenap tenaga dan pikiran dalam membahas Program Pembentukan Peraturan Daerah di 2024. 

‘’Saya sampaikan terimakasih kepada tim asistensi pembentukan Peraturan Daerah Kota Tegal. Sehingga dapat diselesaikan dengan baik,’’ pungkasnya. (*)

Sumber: