Asyik! 116 Desa di Brebes Dapat Motor Dinas Baru

Asyik! 116 Desa di Brebes Dapat Motor Dinas Baru

Kendaraan dinas baru untuk desa yang lunas PBB-P2 cut off 31 Desember 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Awal Oktober ini, sebanyak 116 desa di Kabupaten Brebes mendapatkan kendaraan dinas baru. Pemberian aset kendaraan baru itu lantaran ratusan desa tersebut telah lunas Pajak Bumi Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) per 31 Desember 2022.

Pemberian motor tersebut mulai dibagikan pada, Rabu 4 Oktober 2023 lalu. Kalau sesuai rencana, pembagian motor itu pertama diberikan ke desa di Kecamatan Losari sebanyak 22 unit dan Kecamatan Wanasari satu unit. 

"Kemarin mulai penyerahannya, yakni ke wilayah Kecamatan Losari dan Wanasari. Kami hanya dimintai data desa-desa yang sudah lunas PBB cut off tahun 31 Desember 2022," ujar Kabid PBB-P2 dan BPHTB Bapenda Brebes, Wika Agustiyanto, Kamis 5 Oktober 2023.

Dia menjelaskan, untuk proses pembagian motor tersebut semua ada Bagian Umum. Pihaknya, hanya memberikan data desa yang sudah lunas PBB cut off tahun 31 Desember 2022. "Kami hanya menyetorkan data desa-desa yang lunas PBB," tegasnya. 

Dia menambahkan, untuk capaian PBB Kabupaten Brebes pada 2022 lalu mencapai Rp46 miliar dari target Rp 45 miliar. Pembagian sepeda motor tersebut menurutnya sebagai bentuk aspirasi Pemkab Brebes kepada masing-masing desa yang lunas PBB. 

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Setda Brebes Agus Wahid saat dikonfirmasi menyebut dirinya tak mengetahui nilai anggaran sepeda motor tersebut. Untuk proses pengadaan, kata dia, sudah berjalan sebelum dirinya bertugas sebagai Kepala Bagian Umum Setda Brebes. 

"Saya tidak begitu paham. Saya ke situ (Bagian Umum Setda Brebes) proses sudah berjalan. Menunggu (sepeda motor) dikirim," pungkasnya.***

Sumber: