Telan Anggaran Rp30,5 Miliar, Progres Rehab 43 Sekolahan SD dan SMP Diatas 60 Persen

Telan Anggaran Rp30,5 Miliar, Progres Rehab 43 Sekolahan SD dan SMP Diatas 60 Persen

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dindikpora Brebes Juwita Asmara.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Progres rehab 43 sekolahan terdiri dari SD hingga SMP di Kabupaten Brebes hingga saat ini mencapai 60 persen. Total anggaran untuk rehab puluhan sekolah tersebut mencapai Rp 30.5 milliar dari dana alokasi khusus (DAK).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dindikpora Brebes Juwita Asmara mengatakan, rata-rata progres rehab di 43 sekolahan itu mencapai 60 persen. Itu sesuai hasil monitoring. Artinya, masih ada 40 persen yang harus dirampungkan. 

"Kalau untuk rata-rata progres rehab sekolahan mencapai 60 persen ke atas. Bahkan, ada juga yang sudah selesai 100 persen. Karena sesuai kontrak selesai bulan November mendatang dan semua pengerjaan harus rampung," ungkap Juwita Asmara, Rabu 4 Oktober 2023.

Meski sudah mencapai di atas 60 persen di atas, pihaknya meminta progres rehab terus dikebut. Sehingga bisa selesai tepat waktu. Selain tepat waktu, dia berharap, proses rehab juga mengedepankan kualitas bangunan. Sehingga, nyaman saat digunakan.

Dia berharap, dengan waktu yang tersisa ini, sekolah penerima DAK bisa merampungkan pengerjaan rehab sesuai target. Apalagi, saat ini kondisi cuaca juga terlihat stabil. 

"’Alhamdulillah, kendalanya sampai sejauh ini belum ada. Cuaca juga masih belum berpengaruh, jadi kami harap sekolah bisa segera melaksanakan rehab agar selesainya sesuai deadline," ungkapnya.

Untuk diketahui, tahun anggaran DAK fisik untuk rehab sekolah SD dan SMP mencapai Rp30.5 miliar. Jumlah tersebut diperuntukkan bagi 43 lembaga. Rincinya, 26 SD dan 17 SMP. 

Anggaran DAK fisik tersebut dialokasikan untuk rehabilitasi (rehab) dan pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) di sekolah. Diantaranya, ruang kelas, guru, perpustakaan, laboratorium (lab), dan pengadaan peralatan laboratorium komputer.***

Sumber: