Nasabah Pinjol 2023 Perhatikan! Laporkan DC Jika Tidak Membawa Beberapa Hal Ini

Nasabah Pinjol 2023 Perhatikan! Laporkan DC Jika Tidak Membawa Beberapa Hal Ini

Nasabah Pinjol 2023 Perhatikan! Laporkan DC Jika Tidak Membawa Beberapa Hal Ini--

RADAR TEGAL - Maraknya pinjol yang memiliki (DC) debt collector membuat para nasabah resah akan kedatangannya. Pinjol yang memiliki DC lapangan di 2023 memang betul akan mendatangi rumah kalian. Namun, ada beberapa yang menggunakan DC lapangan.

Sebenarnya perlu kalian perhatikan dahulu, atau waspada mereka benar-benar DC dari pinjol yang kalian gunakan. DC lapangan tersebut bisa membuat nasabah agar lebih hati-hati. Alangkah baiknya untuk tidak telat membayar.

Baca Juga: Butuh Dana Cepat, Yuk Intip 5 Rekomendasi Pinjol Legal di Bawah Ini

Baca Juga: DC Pinjol Bisa Datang saat Malam Hari? Apa Boleh? Begini Cara Menghadapinya

Ada waktu yang DC miliki untuk memulai menagih hutang kalian. Nasabah memiliki waktu 90 hari jika hutang menumpuk dan DC akan menghampiri rumah kalian.

Namun, jika DC yang datang melakukan kekerasan, mencaci maki, dan berbuat semena-menanya, maka nasabah bisa untuk melaporkan DC. Nasabah juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini. 

1. Memastikan Jika DC memiliki Sertifikasi Profesi

Untuk yang pertama penting sekali. Untuk setiap DC yang menagih ke rumah kalian harus membawa sesuatu yaitu syarat yang harus terpenuhi dengan memiliki sertifikasi dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Ketentuan tersebut yang telah ditetapkan oleh peraturan OJK pada nomor 35 tahun 2018 tentang penyelanggaraan usaha pembiayaan.

Baca Juga: 4 Bahaya data Pribadi Bocor, Biasanya Kelakuan DC Lapangan Pinjol yang Tidak Bertanggung Jawab

Baca Juga: DC Pinjol Akan Lakukan Kekerasan Jika Nasabah Nunggak? Begini Penjelasan dari OJK

Penagih hutang wajib untuk menunjukkan sertifikasi profesi tersebut ke nasabah. Jika tidak, mereka bisa saja terkena sanksi. Dari kartu tersebut, nasabah bisa untuk mencocokan nama penagih dengan yang ada di kartu.

2. Tanyakan Mengenai Identitas DC

Yang kedua kalian harus pastikan bahwa DC harus membawa dokumen pendukung yang membuktikan bahwa mereka adalah debt collector dari pinjol yang kalian gunakan. Nasabah bisa bertanya mengenai siapa nama mereka, dari perusahaan mana mereka bekerja, hingga meminta kelengkapan dokumen yang berupa surat kuasa, surat tugas, dll.

Sumber: