Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Antara Pinjol dan Pinjaman Bank Konvensional

Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Antara Pinjol dan Pinjaman Bank Konvensional

Perbedaan Pinjol dan Pinjaman Bank Konvensional--

RADAR TEGAL - Artikel ini akan membahas tentang perbedaan pinjol dan pinjaman bank. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini ada banyak sektor yang sedang bermigrasi ke era digital, salah satunya sektor keuangan.

Fenomena ini terlihat dari maraknya layanan pinjaman online (pinjol) dan teknologi finansial (fintech) yang bermunculan, bersaing dengan pinjaman konvensional di bank.

Fintech adalah perusahaan yang menghubungkan antara pemberi pinjaman dengan peminjam melalui teknologi digital, salah satu produk fintech adalah P2P Lending atau yang kita kenal dengan pinjol

Masyarakat kini memiliki dua opsi utama untuk meminjam uang, yaitu bank dan pinjol. Fenomena pinjol ini telah mendapat sambutan positif, terutama dari mereka yang membutuhkan dana pinjaman. 

Kedua jenis pinjaman ini, sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan kita.

Hal terpenting adalah pengguna pinjol harus selalu memeriksa legalitas penyedia layanan pinjol yang mereka pilih.

BACA JUGA:Bukan Pinjol Legal, Ini Pinjaman Online BPJS Ketenagakerjaan Bisa Cair Rp25 Juta Hanya Gunakan Hp

Berikut adalah lima perbedaan utama antara pinjol dan pinjaman bank :

1.Waktu pencairan 

Salah satu perbedaan yang paling menonjol adalah waktu yang diperlukan untuk mendapatkan dana pinjaman. 

Proses pinjaman konvensional di bank cenderung memakan waktu lebih lama karena melibatkan prosedur yang panjang dan birokrasi yang rumit.

Di sisi lain, layanan pinjol dinilai lebih efisien. Semua proses dilakukan secara online tanpa pertemuan fisik, sehingga pengajuan dan pencairan dapat dilakukan dengan cepat.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengajukan hingga proses pencairan pada layanan pinjol hanya dalam hitungan hari bahkan menit.

Sedangkan pada bank, proses pengajuan hingga pencairan dapat memakan waktu cukup lama, yaitu dalam hitungan minggu atau bulanan.

Sumber: