Jangan Panik, Ini Cara Menghapus Data dari Pinjol

Jangan Panik, Ini Cara Menghapus Data dari  Pinjol

Cara menghapus data pinjol--

 

RADAR TEGAL – Cara hapus data pribadi  dari  pinjol ilegal sangat penting untuk Anda ketahui. Hal ini karena, layanan pinjol ilegal atau tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kerap menyalahgunakan informasi-informasi pribadi untuk memeras penggunanya.

Nah, data pribadi yang dimaksudkan di sini seperti nomor kontak, lokasi, akses WiFi, foto, media sosial, e-commerce, internet banking, dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu akan merugikan dan mengganggu bukan. Tidak hanya untuk debitur, tapi juga bagi orang-orang yang menjadi korban kontak darurat.

Untuk Anda yang sudah terlanjur terjebak dalam pinjol  ilegal, berikut ini beberapa cara hapus data dari pijol  ilegal dengan mudah.

Dengan Anda menghapus data pribadi  dari pinjol, Anda bisa menghindari risiko penyalahgunaan data dan gangguan yang tidak diinginkan.

Namun, belum Anda mengikuti cara berikut ini. Pastikan Anda sudah melunasi semua tagihan pinjol ilegal, ya.

Jadi, jangan gunakan cara berikut ini untuk kabur dari tagihan pinjol, berani meminjam berarti harus siap melunasi.

BACA JUGA: 3 Lembaga yang Dapat Membantu Kamu Jika Mendapat Perlakuan Tidak Etis dari DC Pinjol Galbay

 

 

Cara Menghapus Data dari Pinjol Ilegal

1.      Ajukan Permohonan Penghapusan Data Pribadi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan mencoba menghubungi customer service pinjol untuk mengajukan penghapusan data pribadi.

Anda bisa menghubunginya melalui email, chat, atau telepon pada nomor yang sudah tertera di aplikasi  atau  situs web pinjol, ya.

Anda hanya perlu menjelaskan bahwa Anda ingin menghapus data pribadi dari pinjol dan meminta konfirmasi bahwa permintaan Anda sudah diproses.

Perlu Anda ingat bahwa,  layanan pinjol yang terpercaya yakni yang memiliki informasi lengkap bahkan hingga contact person yang jelas.

2.      Cara Hapus Data KTP di Pinjaman Online APK

Apabila Anda menginginkan informasi pribadi benar-benar hilang tanpa jejak, maka Anda menghapus data diri dari  aplikasi.

Metode ini juga berfungsi sebagai cara menghentikan pinjol sebar data pribadi. Berikut caranya:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel.
  2. Pilih opsi Pengaturan Aplikasi.
  3. Cari aplikasi pinjol dan pilih opsi Hapus Data dan Cache.
  4. Selesai.

3.      Cara Menghapus Aplikasi Pinjol dari HP

Alternatif lainnya untuk memastikan informasi pribadi Anda tidak dapat diakses lagi oleh pinjol yakni dnegan menghapus aplikasi yang bersangkutan secara keseluruhan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel.
  2. Pilih opsi Aplikasi.
  3. Cari aplikasi pinjaman online yang ingin dihapus.
  4. Tap pada opsi Uninstall.
  5. Aplikasi pinjol sudah berhasil dicopot.

4.      Melaporkan Pinjol Ilegal ke OJK atau Polisi

Apabila Anda sudah melunasi tagihan pinjol dan merasa sudah mengajukan penghapusan data namun terus diteror pihak pinjol.

Maka Anda bisa melaporkannya pada pihak berwenang, ya.

Anda bisa melaporkannya melalui email OJK ([email protected]), menghubungi kontak resminya (157), atau mengunjungi situs resminya (ojk.go.id).

BACA JUGA: Terlanjur Terikat Pinjaman dengan Pinjol Ilegal, Ini Cara Hentikan Aksi Sebar Data Oleh Pihak Pinjaman Online!

Demikian ulasan mengenai cara menghapus data dari pinjol. Semoga bermanfaat.***

Sumber: