20 Desa di Tegal Krisis Air Bersih Terdampak Fenomena El Nino, PMI Kucurkan 684.000 Liter Air

20 Desa di Tegal Krisis Air Bersih Terdampak Fenomena El Nino, PMI Kucurkan 684.000 Liter Air

PMI Kabupaten Tegal gelontorkan bantuan air bersih bagi wilayah yang terdampak fenomena El Nino--

RADAR TEGAL - Puluhan desa di wilayah Kabupaten Tegal mengalami krisis air bersih akibat terdampak fenomena El Nino. Karenanya PMI setempat menggelontorkan bantuan air bersih kepada warga yang terdampak.

Petugas PMI Kabupaten Tegal Latifah mengatakan pihaknya telah menggelontorkan bantuan berupa air bersih kepada wilayah yang mengalami krisis air bersih dampak fenomena El Nino. Sasarannya, yakni 20 desa yang tersebar di 6 Kecamatan.

"Kita sudah menggelontorkan bantuan bagi desa yang mengalami krisis air bersih dampak El Nino,"katanya.

Menurut Latifah, hingga Minggu 24 September 2023, PMI Kabupaten Tegal telah menggelontorkan 114 tangki berisi 684.000 liter air bersih. Dengan sasaran 54.265 jiwa dari 13.892 Kepala Keluarga.

"Jumlah bantuan masing-masing wilayah berbeda sesuai dengan kebutuhan,"ujarnya.

Dari jumlah itu, kata Latifah, paling banyak di Kecamatan Jatinegara dengan 51 tangki. Sedangkan sasarannya di Desa Tamansari, Dukuhbangsa, Luwihjawa, Lembahsari, Wotgalih, Jatinegara, Kedungwungu, Penyalahan, Padasari, Argatawang dan Lebakwangi.

Sementara di Kecamatan Suradadi ada 34 tangki dengan sasaran Desa Harjasari, Jatimulya, Suradadi dan Kertasari. Kemudian Warureja sebanyak 15 tangki dengan sasaran Desa Kedungkelor, Kedungbanteng 4 tangki di Desa Karanganyar, Balapulang 7 tangki di Harjawinangun dan Sesepan, terakhir di Kec. Pangklah 3 tangki untuk Desa Pener.

Demikian informasi tentang dampak fenomena El Nino di wilayah Kabupaten Tegal. ***

Sumber: