Peringatan BMKG: Wapadai Banjir Rob di Pantura pada Jam Ini

Peringatan BMKG: Wapadai Banjir Rob di Pantura pada Jam Ini

Infografis peringatan dini banjir rob di wilayah pantura Jawa tengah--BMKG

RADAR TEGAL - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tegal mengeluarkan peringatan dini banjir Rob. yang dapat terjadi di wilayah pantura Jawa. Peringatan itu berlaku pada Senin 25 September 2023.

Dalam infografis yang diterima menyebutkan banjir rob dapat terjadi akibat adanya aktifitas pasang air laut. Sehingga dapat mempengaruhi dinamika pesisir Wilayah pantura Jawa Tengah berupa banjir pesisir.

"Masyarakat pesisir pantai dihimbau WASPADA terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum. Yang berpotensi menyebabkan fenomena BANJIR PESISIR (ROB),"bunyi peringatan dalam infografis tersebut.

Masih menurut infografis itu, BMKG memprediksi banjir rob dapat terjadi pada 25 September 2024 dini hari. Utamanya pada pukul 03.00-06.00 WIB.

Akibat banjir tersebut, dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat. Serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan. 

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir. Serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,"tulis informasi tersebut. ***

Sumber: