Ribuan Siswa SMP Negeri dan Swasta di Brebes Ikut Pelaksanaan ANBK

Ribuan Siswa SMP Negeri dan Swasta di Brebes Ikut Pelaksanaan ANBK

Puluhan siswa SMP Negeri 2 Brebes saat mengikuti ANBK di sekolahan setempat, Senin 18 September 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Ribuan siswa di SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Brebes ikut melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Senin 18 September 2023. Data dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Brebes menyebutkan total siswa tersebut tersebar di ratusan SMP Negeri dan Swasta. Kurang lebih ada 7 ribuan siswa yang ikut ANBK tahun ini. 

Kepala Dindikpora Brebes Caridah melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas)Juwita Asmara mengatakan, ANBK ini meruapakan agenda evaluasi tahunan. Tujuan ANBK sendiri fokus pada hasil pembelajaran pada satuan pendidikan.

"Khususnya, semua tahapan proses literasi membaca, pembentukan karakter hingga kompetensi hasil pembelajaran. Termasuk, asesmen numerasi dan survei lingkungan belajar bagi peserta didik," ujarnya.

Dengan harapan, kata dia, dari ANBK ini dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa. Dan memperlihatkan apa yang semestinya menjadi tujuan utama sekolah yaitu pengembangan kompetensi dan karakter siswa.

"Jadi harapan kami dengan adanya ANBK ini kemampuan literasi siswa bisa lebih meningkat dan tujuan sekolah dalam pengembangan kompwtensi dan karakter siswa tercapai," jelasnya.

Terpisah, Kepala SMP Negeri 2 Mokh. Idi Fitriyadi didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Widya Ayu Marlina mengatakan, total ada 45 siswa yang melaksanakan ANBK di sekolahnya.

"Kalau total ada 50 siswa yang ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk pelaksanaan ANBK tahun ini. Namun, siswa yang melaksanakan ANBK tadi pagi 45 anak, sedangkan 5 siswa lainnya cadangan," ungkapnya.

Dia menambahkan, penunjukan siswa yang ikut pelaksanaan ANBK merupakan penunjukan dari pemerintah pusat. Dari pihak sekolah, kata dia, hanya mempersiapkan siswa tersebut untuk pelaksanaan ANBK.

"ANBK ini adalah evaluasi yang di lakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat Satuan Pendidikan (Satpen)," ucapnya.

Lebih lanjut, kata dia, untuk materi dalam ANBK ini antara lain nomerasi, survey lingkungan , literasi dan survey karakter. Dalam kegiatan di hari pertama, lanjutnya, pelaksanaan ANBK berjalan lancar.

"Untuk sasaran sendiri, lewat ANBK ini, nanti setelah siswa mengikuti ANBK ,sekolah akan mendapatkan Raport dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI," ucapnya.

"Dan harapan kami, nantinya sekolah dapat mendapatkan nilai yang baik," pungkasnya.***

Sumber: