Kenalin Nih, Sinok Unggul Aplikasi yang Permudah Dalam Tata Kelola Administrasi Kepegawaian

Kenalin Nih, Sinok Unggul Aplikasi yang Permudah Dalam Tata Kelola Administrasi Kepegawaian

Sinok Unggul resmi dilaunching dalam mempermudah sistem kepegawaian di Pemkab Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Untuk mempermudah penguploadan berkas atau dokumen, Pemkab Brebes melauching Sistem Notifikasi Otomatis Kepegawaian Unggah dan Gul atau Sinok Unggul, kemarin.

Acara dibuka oleh Sekda yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Brebes Eko Supriyanto. Serta dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Brebes.

Eko Supriyanto dalam sambutannya menyampaikan mengapresiasi atas dilaunchingnya Sinok Unggul. Dia berharap dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempermudah penguloadan berkas di lingkungan Pemkab Brebes.

"Tentu kita berharap, pelaunchingan ini tidak hanya sebatas seremoni saja. Melainkan, ke depan dapat memperudah dan memperlancar sistem kerja di Kabupaten Brebes," ujarnya, Rabu, 13 September 2023

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha Pimpinan Dan Staf Ahli Tri Unggul Widyayanti mengatakan, peluncuran ini tidak lain untuk mewujudkan pelayanan administrasi maksimal Setda Brebes.

Menurutnya, digitalisasi pelayanan saat ini terus berkembang dengan cepat. Sehingga, lewat aplikasi ini, dministrasi kepegawaian dapat mudah diakses melalui aplikasi ini. 

"Sinok Unggul ini adalah sistem notifikasi otomatis kepegawaian unggah dan gul," jelasnya.

Dalam apliksi ini, memiliki fungsi tersendiri. Yakni, fungsinya lmemberikan informasi kepada pegawai tentang proses unggah dokumen atau berkas yang diperlukan dalam tahap seleksi atau evaluasi. Serta memberitahukan apakah pegawai tersebut gul atau lolos atau tidak lolos dalam proses tersebut. 

"Tujuannya sendiri untuk memudahkan komunikasi antara pegawai atau pihak yang bertanggung jawab (Kasubbag Tata Usaha Pimpinan dan Staf Ahli) atas kelengkapan dan evaluasi kepegawaian dengan pegawai," ucapnya.

"Serta membantu pegawai untuk tetap terinformasi tentang proses yang sedang berlangsung. Dan memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan serta mengetahui hasil dari permohonan yang diusulkan," lanjutnya.

Sedangkan latar belakangnya sendiri, lanjutnya, diciptakannya aplikasi ini dikarenakan belum optimalnya kapasitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mengelola kepegawaian ASN Setda Kabupaten Brebes. Dan juga tata kelola administrasi kepegawaian ASN Setda Kabupaten Brebes yang belum berjalan efektif dan efisien (manual). 

"Selain itu, belum tersedianya data penjagaan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala dan batas usia pensiun berupa notifikasi otomatis kepegawaian ASN Setda Kabupaten Brebes juga menjadi dasar latar belakang dilaunchingnya aplikasi ini," ucapnya.

Sedangkan untuk kelebihan aplikasi ini, tambahanya, tata kelola administrasi kepegawaian menjadi lebih cepat, lebih sederhana serta meningkatkan efisiensi waktu dengan menggunakan Teknologi Informasi (IT). "Selain itu juga, dapat mempermudah dan mempercepat dalam penyajian data kepegawaian ASN. Serta dapat diakses di manapun dan kapanpun mendukung program tranformasi digital Pemerintah Daerah," pungkasnya.***

Sumber: