Skema KUR BRI 2023 Langsung Cair, Begini Kalkulasi Beban Bunga dan Cicilan Terbarunya

Skema KUR BRI 2023 Langsung Cair, Begini Kalkulasi Beban Bunga dan Cicilan Terbarunya

Tabel KUR BRI 2023 langsung cair bisa dijadikan acuan nasabah atau calon kreditur untuk menentukan plafon pinjaman sesuai dengan kemampuan finansialnya.--

RADAR TEGAL - Pinjaman Kredit USaha Rakyat (KUR) adalah program perbankan yang digulirkan pemerintah setiap tahunnya. Salah satu perbankan penyalurnya adalah Bank BRI, dengan produk KUR BRI 2023 langsung cair.

Sama dengan perbankan penyalur lainnya, KUR BRI 2023 langsung cair adalah program untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM. Dana tersebut disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. 

Program KUR BRI 2023 langsung cair dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha. Utamanya dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Antara lain dengan meluncurkan program KUR 5 November 2007 lalu, yang salah satunya berupa KUR BRI 2023 langsung cair. Ini menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2007 tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan UMKM. 

Pilihan KUR dan simulasi pembayarannya

Bank BRI misalnya, memberikan beberapa pilihan kredit yang dapat Anda pilih sesuai dengan jumlah kemampuan membayar cicilannya. Itulah sebabnya terdapat tabel yang harus Anda cermati sebelum memilih jenis pinjaman KUR-nya.

Tabel tersebut berisi tentang jumlah angsuran per bulannya, termasuk syarat-syarat untuk mendapatkan programnya. Alokasi KUR ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya. 

Karena dengan memanfaatkan KUR BRI 2023 langsung cair ini mempunyai beberapa keuntungan. Antara lain bunga rendah yang disubsidi pemerintah serta tanpa jaminan atau agunan. 

Karena itu, tak ada salahnya jika para pelaku UMKM membaca artikel ini sampai tuntas. Apalagi di dalamnya terdapat pembahasan tentang skema pinjaman, cicilan, serta persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi.

Pinjaman KUR BRI 2023 langsung cair

Apabila Anda sedang membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan UMKM rintisan, dan berencana mengajukan pinjaman Rp100 juta bisa memanfaatkan KUR Kecil BRI. Adapun persyaratan yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia antara 21 hingga 60 tahun atau sudah menikah.
  2. Anda perlu memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) eKTP atau Surat Keterangan Pembuatan e-KTP.
  3. Anda harus menyediakan fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  4. Jika berlaku, Anda juga harus melampirkan fotokopi Surat Nikah/Akta Nikah/Cerai sesuai kondisi Anda.
  5. Untuk pinjaman dengan limit di atas Rp 50 juta (termasuk pinjaman Rp 100 juta), Anda perlu memiliki NPWP.
  6. Anda harus memiliki Surat Keterangan Usaha yang diterbitkan oleh RT/RW, kelurahan/desa, atau pejabat yang berwenang, atau surat keterangan lainnya yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

KUR Kecil BRI 2023 adalah jenis pinjaman yang ditujukan untuk pelaku usaha kalangan menengah. Yaitu dengan potensi untuk membayar cicilan, baik dengan bunga flat maupun bunga anuitas yang setara.

Plafon pinjaman KUR Kecil Bank BRI berkisar antara Rp50.000.000 hingga Rp500.000.000. Tenor maksimal pinjaman dari BRI adalah 60 bulan atau 5 tahun.

Suku bunga KUR BRI terbaru 

Sumber: