Memprihatinkan! Krisis Air Bersih Bikin Warga Kedungwungu Kabupaten Tegal Terpaksa Lakukan Ini

Memprihatinkan! Krisis Air Bersih Bikin Warga Kedungwungu Kabupaten Tegal Terpaksa Lakukan Ini

MATA AIR - Sejumlah warga yang mayoritas emak-emak sedang membersihkan sumber mata air untuk kebutuhan hidup sehari-hari di Desa Kedungwungu Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal, Selasa 5 September 2023 untuk mengatasi krisis air bersih.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

Farida menuturkan, pedukuhan terparah yang mengalami krisis air bersih yakni Dukuh Jingkang RT 10, 11, 12 RW 02, Dukuh Magangan RT 8, 9 RW 02, Dukuh Krajan RT 04 RW 01 dan Dukuh Tampungan RT 01, 02, 03 RW 01.

"Kalau sumber mata air itu tidak keluar airnya lagi, kita bingung mau mencari kemana lagi," imbuhnya.

Sementara, Kepala Desa Kedungwungu Abdul Mukhit mengaku saat ini sedang berupaya membangun fasilitas air bersih di desanya untuk mengatasi krisis air bersih. Namun karena keterbatasan anggaran, rencana itu selalu gagal.

Karenanya, dia berharap ada bantuan anggaran dari pemerintah daerah, provinsi maupun pusat untuk membangun fasilitas air bersih di desanya.

"Saya salut dengan warga atau emak-emak yang berinisiatif membersihkan sumber mata air, sehingga airnya bisa digunakan meski harus menunggu sampai tiga hari," tukasnya. 

Peran emak-emak tersebut pastinya sangat berguna dalam mengatasi krisis air bersih saat kemarau sekarang ini.***

 

Sumber: radartegal.disway.id