Kreasi Mahasiswa KKN, Buat Olahan Abon Ikan Manyung untuk Pencegahan Stunting

Kreasi Mahasiswa KKN, Buat Olahan Abon Ikan Manyung untuk Pencegahan Stunting

Mahasiswa KKN saat mengolah abon ikan yang berbahan dasar Ikan Manyung.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Mahasiswa KKN Alma Ata Yogyakarta membuat olah berbahan dasar Ikan Manyung. Mereka membaut abon ikan Manyung sebagai upaya pencegahan stunting. 

Dalam pembuatannya, mahasiswa yang KKN di Pasarbatang, Brebes ini membuat abon dari ikan Manyung yang sudah diasap. Terlebih, UMKM pengasap ikan cukup banyak di Pasarbatang. Sehingga, bisa dimanfaatkan sebagai olahan untuk pencegahan stunting.

Ketua Kelompok 1 KKN-T Kelurahan Pasarbatang, Suryo Abdi Nugroho mengatakan, para mahasiswa melakukan pengembangan UMKM dengan olahan yang inovasi abon ikan. Olahan ini, kta dia, diharapkan dapat melakukn pencegahan stunting membantu Pemerintah Kabupaten Brebes. Ikan manyung dipilih sebagai bahan utama dalam program ini karena ikan manyung memiliki kandungan protein yang tinggi.

"Ikan ini kaya nutrisi, seperti omega-3 asam lemak dan vitamin. Ikan ini juga lebih terjangkau secara ekonomis dibandingkan beberapa sumber protein lainnya," ungkapnya.

Dia menjelaskan, olahan dengan bahan dasar ikan manyung ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada anak-anak dan masyarakat Kelurahan Pasarpatang. Harapannya, dengan mengkonsumsi abon ikan manyung ini secara rutin dapat mengalami peningkatan pertumbuhan fisik dan perkembangan signifikan.

"Ini adalah langkah penting dalam mengatasi masalah stunting di kelurahan ini. Selain manfaat langsung untuk anak-anak, dalam program ini juga berharap bisa memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat Kelurahan Pasarbatang yang ingin mengembangkan UMKM dengan inovasi yang diberikan oleh kami," tambahnya. 

Menurut dia, program "Penting Abimanyu" yang digagas oleh Kelompok 1 KKN-T Kelurahan Pasarbatang merupakan salah satu upaya berani dan bermakna dalam upaya pencegahan stunting. Dengan fokus pada asupan gizi yang lebih baik melalui abon ikan manyung, harapan bagi kelompok 1 KKN-T Kelurahan Pasarbatang ini dapat membantu mengubah masa depan anak-anak kelurahan ini.

"Semoga program semacam ini menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk berkontribusi dalam upaya pencegahan stunting dan perbaikan kesejahteraan anak-anak. Karena dapat menghasilkan pendapatan tambahan melalui produksi dan penjualan abon ikan manyung," pungkasnya.***

Sumber: