Sat Set! 4 KUR Bunga Rendah Ini Gampang Banget Prosesnya, Bisa Dapet 100 Juta Bunga Cuma 0,2 Persen

Sat Set! 4 KUR Bunga Rendah Ini Gampang Banget Prosesnya, Bisa Dapet 100 Juta Bunga Cuma 0,2 Persen

daftar KUR bunga rendah tahun 2023-ilustrasi by Devan Aditya-Photoshop

RADAR TEGAL - Kredit Usaha Rakyat (KUR) bunga rendah kini telah menjadi fitur penting di dunia usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. KUR hakikatnya adalah pemberian subsidi dari pemerintah kepada bank-bank tertentu yang ditunjuk (sebagian besar bank pemerintah) sehingga dapat memberikan bunga kredit lebih murah

Sejak 2005, program KUR bunga rendah ini telah membantu para pelaku UMKM mengatasi masalah pembiayaan, serta membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Berikut adalah daftar beberapa penyalur KUR bunga rendah beserta cicilan dan plafonnya

1. KUR Mikro BRI

KUR mikro dirancang untuk bisnis kecil dengan pinjaman maksimal sebesar Rp25 juta. Modal akan dipinjamkan kepada pelaku UMKM yang dianggap prospektif dan produktif.

Inilah sebabnya mengapa bank penyalur perlu mempertimbangkan kemampuan peminjam untuk melakukan pembayaran

Berikut adalah ringkasan dari rasio pinjaman dalam tabel pinjaman BRI KUR 2023, berdasarkan simulasi di situs web BRI. Adapun bunga yang akan dikenakan 6% per tahun (atau 0,20% per bulan). 

Seperti jadwal yang sudah ditetapkan pemerintah, Bank BRI sudah mulai menyalurkan KUR sejak 6 maret 2023 dan akan berakhir pada 31 Desember 2023.

BACA JUGA:Tips Sukses Lolos Survey KUR BRI 2023, Miliki Bisnis Usaha yang Jelas dan Pastikan Dokumen Persyaratan Lengkap

2. KUR BSI

Program KUR BSI ini tidak memberikan biaya administrasi kepada peminjam. UMKM juga dapat memilih skema yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka

Program ini memiliki keistimewaan dalam mekanisme bunga yaitu meskipun umumnya suku bunga adalah 6 persen, BSI menggantinya berdasarkan akad ijarah,murabahah, maupun MMQ.

Hal ini memastikan bahwa UMKM dapat memperoleh pinjaman tanpa adanya riba,sesuai dengan prinsip syariah

BACA JUGA:KUR BSI Kembali Targetkan Pelaku UMKM: Pinjaman Modal Usaha Rp100 Juta Tanpa Riba, Cukup Lengkapi Syarat Ini

3. Kur Mandiri

KUR Mikro Mandiri menjadi jenis kredit usaha rakyat yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Selain suku bunga sangat rendah jaringan Bank Mandiri yang luas memudahkan nasabah mengakses sekaligus mengajukan pinjaman KUR bunga rendah di Bank Mandiri untuk modal kerja dan investasi.

Secara umum KUR Mikro diberikan dengan batas plafon Rp 25 juta per debitur. Adapun jangka waktu kredit yang dapat diambil yakni antara 1–3 tahun sebagai modal kerja dan maksimal lima tahun sebagai investasi

Salah satu jenis KUR Mandiri yang memiliki suku bunga paling rendah adalah KUR super Mikro dengan limit maksimal Rp 10 Juta dengan suku bunga 3% per tahun

BACA JUGA:KUR Mandiri 2023 Bisa Cair Sampai 4 Kali di Sektor Berikut Ini

4. KUR Pegadaian Syariah

Berdasarkan akad Rahn  (Gadai Syariah), pinjaman KUR Pegadaian adalah pinjaman yang diberikan kepada nasabah yang memiliki usaha produktif untuk meningkatkan bisnisnya dalam jangka waktu tertentu.

Sebagai salah satu perusahaan yang memberikan pinjaman, produk transaksi keuangan Pegadaian sudah terjamin aman. Selama ini, telah terbukti bahwa Pegadaian membantu masyarakat dengan transaksi gadai dan transaksi tunai lainnya.

Dana KUR diberikan kepada para pelaku UMKM baik secara individu, badan usaha, dan/atau kelompok bisnis yang produktif dan layak. Namun, belum memiliki agunan tambahan atau feasible, tetapi belum bankable.

Agunan menurut Undang-Undang Nomor 10 tahun 1992 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan adalah jaminan tambahan yang diserahkan nasabah debitur kepada bank dalam rangka pemberian fasilitas kredit atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah

Demikian informasi mengenai beberapa bank penyalur KUR bunga rendah lengkap beserta tabel angsurannya. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: