Peninggalan Bersejarah Belanda, Berikut Mitos Lawang Sewu yang Punya Banyak Misteri Di Dalamnya

Peninggalan Bersejarah Belanda, Berikut Mitos Lawang Sewu yang Punya Banyak Misteri Di Dalamnya

Tampang ilustrasi mitos lawang sewu --Youtube/CATATAN ARIA

RADAR TEGAL-Salah satu bangunan yang bersejarah adalah lawang sewu. Namun, ternyata ada sisi mistis yang menyelimuti bangunan ini yaitu mitos lawang sewu.

Selain saat ini terkenal sebagai wisata, banyak juga orang yang datang masih percaya dengan mitos lawang sewu ini. Lokasi tempat ini sangat mudah di cari, yaitu di seberang tugu muda Semarang.

Pada zaman kolonial, bangunan ini menjadi sebuah kantor untuk urusan kereta api. Oleh karena itu, banyak sekali muncul mitos tentang lawang sewu.

Pembangunan lawang seru berada di atas tanah seluar 16.237 M2. Konon banyak sekali mitos yang ada di lawang sewu ini.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan mengulas tentang lawang sewu. Sebelumnya coba kamu baca artikel tentang Dulunya Tempat Membuat Mayat, Berikut Mitos Alas Roban di Jawa Tengah yang Perlu Kamu Tahu Segera di situs yang terpercaya ini.

Mitos lawang sewu yang menyeramkan

Bangunan lawang sewu ini memiliki rancangan yang unik. Sang perancang ini adalah Prof. Jacob F dan H.J Omdat. Bangunan ini sangat unik karena memiliki rancangan seerti huruf L.

Yang membuat bangunan ini mendapatkan julukan lawang sewu adalah punya lampu dan jendela yang banyak. Hal ini bertujuan untuk mempermudah sirkulasi udara di dalam ruangan.

BACA JUGA:Bisa Memutar Lehernya, Berikut 3 Mistos Burung Hantu yang Jarang Orang Ketahui Sejak Lama

Melansir dari youtube CATATAN ARIA, terdapat ornamen cerita pada kaca yang menceritakan tentang kisah kemakmuran Belanda di Jawa. Ada beberapa mitos yang menarik tentang lawang sewu ini.

1. Berapa jumlah pintu sebenarnya?

Sesuai dengan namanya yaitu lawang sewu atau pintu seribu, banyak orang yang mengira bahwa ada sekitar 1000 pintu di tempat ini. Ternyata faktanya tidak seperti itu yah.

Ternyata hanya ada sekitar 429 pintu saja yang ada di bangunan ini. Jumlah pintu yang banyak pada namanya adalah refleksi dari masyarakat yang mengira jendela yang besar dan lebar itu adalah pintu.

BACA JUGA:Mitos Kupu-kupu Masuk Rumah, Konon Akan Ada yang Datang Hal Baik atau Buruk?

2. Mitos lawang sewu: Sumur tua

Ternyata terdapat sebuah sumur tua yang ada di halaman lawang sewu lho. Kabarnya banyak orang yang mendengar teriakan dan meminta tolong dari dalam sumur.

Namun, menyeramkannya ternyata sumur tersebut sudah lama tertutup dan terkunci. Apakah itu adalah teriakan dari penunggu bangunan ini?

3. Penjara dan bungker

Sumber: