KIAMAT! 5 Misteri Gunung Krakatau, Ternyata 14 Tahun Sebelum Terjadi Letusan Sudah di Ramalkan

KIAMAT! 5 Misteri Gunung Krakatau, Ternyata 14 Tahun Sebelum Terjadi Letusan Sudah di Ramalkan

Letusan Gunung Anak Krakatau. -(Foto: PVMBG)-

Ceritanya, ada seorang Pangeran Purbaya yang berubah menjadi singa dan seorang Patih dari Kerajaan Sriwijaya yang berubah menjadi Gajah Putih. 

Keduanya tanpa diketahui penyebabnya terlibat dalam perkelahian yang berlangsung terus menerus selama 40 hari 40 malam di Dukuh Kadubungbang.

Setelah melewati masa waktu yang panjang itu, karena kelelahan keduanya akhirnya sepakat untuk menghentikan pertarungan dan pulang ke daerah asal masing-masing. 

Namun, nasib sial menimpa sang Patih Gajah Putih. Ketika dia pulang ke Sumatera, kapal yang dia tumpangi mengalami musibah tenggelam di Selat Sunda.

Tiba-tiba, setelah tenggelamnya kapal, Gunung Krakatau muncul dengan gemuruh dan gempa yang mengerikan. Gunung ini terus mengeluarkan kekuatannya seperti yang pernah dilakukan oleh Patih Gajah Putih ketika berperang.

BACA JUGA:Mitos Gunung Lawu Mirip Pantai Selatan, Jangan Nekat Pakai Baju Hijau!

5. Kotak Pandora

Meskipun letusan Gunung Krakatau dapat dijelaskan dengan ilmu pengetahuan, ternyata terdapat pula mitos dari penduduk sekitar mengenai penyebab letusannya.

Singkatnya, dalam masa lampau, ada sebuah kerajaan yang menempati wilayah Krakatau yang dikenal sebagai Kerajaan Karkata. Di sana, gempa terjadi setiap hari karena kotak Pandora yang terbuka.

Kotak tersebut memiliki keajaiban untuk membawa seseorang ke dunia gaib. Pada saat itu, ada seorang dukun kepiting yang memiliki pengetahuan ilmu hitam dan tertarik dengan kotak tersebut. 

Akibatnya, terjadi pertempuran hebat antara Kerajaan Karkata dan dukun kepiting untuk memperebutkan kotak tersebut.

Ratu dari Kerajaan Karkata pun berusaha mengejar dukun kepiting dengan harapan merebut kotak tersebut. Sayangnya, dalam perjuangan tersebut, kotak semakin tertutup hingga akhirnya menghilang. 

BACA JUGA:15 Mitos dalam Kehidupan Masyarakat Jawa, Nomor 6 Sering Ngga Sengaja

Akibatnya, Gunung Krakatau pun meletus, menghancurkan kedua belah pihak yang terlibat dalam pertempuran tersebut.

Demikian informasi tentang 5 misteri dan mitos gunung krakatau. Temukan banyak informasi tentang misteri dan mitos lainnya, hanya di radartegal.disway.id, semoga bermanfaat.(*)

Sumber: