Rekrutmen 2.555 P3K, Pemkab Brebes Tunggu Kepastian Anggaran dari Pusat

Rekrutmen 2.555 P3K, Pemkab Brebes Tunggu Kepastian Anggaran dari Pusat

Sekda Brebes Djoko Gunawan.(Istimewa)--

RADAR TEGAL - September mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebws bakl membuka penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Mwski begitu, pemerintah setempat masih menunggu kepastian anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) dalam penggajiannya nanti.

Sekda Brebes, Djoko Gunawan menjelaskan, rencananya, Sepetember mendatang pihaknya bakal membuka seleksi P3K. Rekrutmen ini untuk mengakomodir tenaga fresh graduate agar bisa ditampung di PPPK. Sekaligus pula untuk menyelesaikan tenaga honorer.

"Mengakomodir tenaga honorer yang sudah mengabdi juga sekaligus menerima fresh graduate. Hanya kita masih menunggu juknisnya," ujar Sekda Brebes.

Dia menambahkan, dalam hal ini pihaknya telah mengajukan anggaran ke pemerintah pusat untuk gaji tenaga PPPK tersebut. Dia menyebut, perlu tambahan sebesar Rp148 miliar tiap tahunnya.

"Untuk pengadaan tenaga PPPK tahun 2023, perlu anggaran Rp148 miliar untuk membayar gaji. Pemkab telah mengajukan ke pusat agar segera disetujui. Karena jika harus dibebankan ke Pemkab tentu akan memberatkan APBD," pungkas Sekda.

Lebih jauh, Sekda menyampaikan kalau hingga saat ini belum ada kepastian soal penambahan anggaran DAU untuk gaji P3K. Menurutnya, jika anggaran untuk gaji belum mendapat kepastian, maka Pemkab dimungkinkan tidak akan melakukan seleski pada tahun ini.

"Intinya, jika anggaran itu disetujui, segera akan kami buka seleksi," tandas Sekda.

Sekedar informasi, usulan P3K tahun ini masih fokus untuk tenaga pendidi dan kesehatan. Yakni untuk formasi guru sebanyak 1.646 formasi dan Tenaga Kesehatan (Nakes) 813 formasi. Sedangkan sisanya yakni 96 formasi untuk tenaga teknis.***

Sumber: