Banyak yang Salah Kaprah! ini Penjelasan Mitos Bunyi Adzan Tengah Malam

Banyak yang Salah Kaprah! ini Penjelasan Mitos Bunyi Adzan Tengah Malam

Mitos suara adzan yang terdengar tengah malam--

RADAR TEGAL - Siapa yang disini tiba - tiba merinding ketika sedang begadang lalu tiba - tiba terdengar suara adzan magrib?

Bagi yang percaya akan mitos, pasti beranggapan suara adzan tersebut diartikan sebagai adanya makhluk - makhluk halus berada di dekat kita. Memang sih mitos tersebut sudah tersebar luas di masyarakat, bahkan tak sedikit yang mempercayai akan kebenarannya.

Lalu apakah sebenarnya arti dari bunyi adzan tengah malam tersebut? benarkah sebagai penanda datangnya makhluk halus di dekat kita?

Tak perlu berlama - lama lagi, yuk kita simak terus penjelasan dari mitos suara adzan tersebut pada artikel RADAR TEGAL di bawah ini.

BACA JUGA: Mitos Curug Cikuluwung Bogor, Ada Batu Ukir Tak Kasat Mata hingga Larangan Berpakaian Merah

 

Penjelasan dari suara adzan di tengah malam

Rupanya mitos suara adzan di tengah malam kurang benar adanya, pasalnya dalam islam suara tersebut sebagai penanda waktu masuknya solat tahajud. Jadi bagi umat muslim yang ingin melaksanakan solat tahajud, bisa segera melaksanakannya setelah mendengar suara adzan tersebut.

Lalu ada juga yang mengatakan alasan adzan dikumandangkan pada tengah malam sebagai penanda atau pengingat seseorang. Mungkin sebelum tidur malam, ada sebagian orang yang kelelahan setelah menjalankan kegiatan seharian sehingga saat tiba di rumah dalam keadaan diri belum bersih.

BACA JUGA: Terkenal Keramat, Inilah Mitos Gunung Tertinggi di Jawa Timur Ke 2, Jangan Gunakan Pakaian Merah

Adanya keadaan tubuh yang belum bersih ini membuat solat menjadi belum sah, sehingga maksud dari adzan di kumandangkan tersebut sebagai penanda. Yang mana akan memberikan penanda atau peringatan agar orang - orang tadi bergegas membersihkan dirinya, supaya bisa melaksanakan solat subuh nantinya.

Namun alasan - alasan tadi sebenarnya masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Pasalnya adzan yang boleh dikumandangkan sebelum masuk waktunya adalah solat subuh.

Selain itu, adzan yang dikumandangkan selain subuh seperti penanda solat tahajud hanya boleh dilakukan saat telah memasuki waktunya. Jadi sebelum masuk waktu tahajud, adzan tadi tidak boleh dikumandangkan seperti solat subuh.

 

Sumber: