Mitos Curug Cikuluwung Bogor, Ada Batu Ukir Tak Kasat Mata hingga Larangan Berpakaian Merah

Mitos Curug Cikuluwung Bogor, Ada Batu Ukir Tak Kasat Mata hingga Larangan Berpakaian Merah

Mitos dan misteri Curug Cikuluwung di Bogor-Tangkapan layar YouTube/RemducK-

RADAR TEGAL – Ada beragam mitos dan misteri yang menyelimuti Curug Cikuluwung di Bogor. Salah satu air terjun yang ada di Bogor ini merupakan objek wisata yang wajib untuk dikunjungi karena keindahannya.

Menawarkan pemandangan yang memanjakan mata, mitos dan misteri Curug Cikuluwung di Bogor ini konon dikaitkan dengan hal-hal mistis. Air terjun ini juga biasa dikenal dengan sebutan Curug Idas oleh masyarakat setempat.

Berikut ini melansir dari berbagai sumber, mitos dan misteri seputar Curug Cikuluwung Bogor yang beredar di masyarakat. Kabarnya ada kaitannya dengan kerajaan Mulawarman?

Mitos dan misteri Curug Cikuluwung di Bogor

Mitos tentang air terjun ini kabarnya pengunjung, terutama perempuan dilarang untuk mengenakan pakaian merah.

Hal ini berkaitan dengan sebutan Karuhun, yang merupakan istilah dalam orang Sunda. Masyarakat setempat meyakini bahwa penunggu di Curug Cikuluwung tidak suka jika ada yang ikut mengenakan pakaian merah.

BACA JUGA : Mitos Curug Putri Kencana di Bogor, Ada Sosok Putri Berkereta Kencana Tiap Jumat Kliwon hingga Noni Belanda

Jika ada yang nekat melanggar, diyakini orang tersebut bisa mengalami celaka. Berdasarkan sejarahnya, dulu sejumlah makhluk tak kasat mata di Curug Cikuluwung tidak suka dengan orang lain yang mengenakan pakaian merah dan mereka akan merasa tersaingi.

Mitos lainnya tentang Curug Cikuluwung ini konon ada batu yang tak kasat mata dan hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang indigo. Ada juga mitos menyebutkan ada kursi-kursi dari kerajaan Mulawarman berada di sekitar air terjun.

Selain itu, mitos Curug Cikuluwung yang masih menyimpan misteri ini juga tidak bisa dikunjungi pada saat sembarang waktu.

Ada beberapa waktu tertentu yang tidak boleh sama sekali dikunjungi oleh manusia. Apalagi ketika sudah memasuki malam hari. Masyarakat percaya bahwa penunggu air terjun tidak suka ada yang mengganggu di jam itu.

Maka dari itu Curug Cikuluwung dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 11 siang, kemudian dilanjutkan pukul 1 siang hingga 4 sore saja.

Akses menuju curug

Terlepas dari mitos maupun misteri yang tersimpan di Curug Cikuluwung Bogor ini, tetap saja air terjun tersebut menjadi objek wisata yang selalu menarik wisatawan.

Sumber: