Mitos Umbul Manten yang Konon Ada Sepasang Pengantin Hilang Secara Misterius di Dekat Sumber Mata Air

Mitos Umbul Manten yang Konon Ada Sepasang Pengantin Hilang Secara Misterius di Dekat Sumber Mata Air

Mitos tentang Umbul Manten di Klaten-Tangkapan layar YouTube/Arka channel-

RADAR TEGAL – Umbul Manten merupakan salah satu sumber air berbentuk kolam yang ada di Klaten dengan mitos atau legenda yang cukup misterius. Sumber mata air ini memiliki air yang sangat jernih dengan ditumbuhi pohon rindang disekitarnya.

Mitos Umbul Manten di Klaten ini meskipun misterius, namun tidak membuat masyarakatnya untuk tidak datang berendam dan berenang di kolam ini. Apalagi disekitarnya ada pohon ipik yang bentuknya menyerupai pohon beringin, sehingga suasananya semakin sejuk.

Berikut ini informasi tentang Umbul Manten di Klaten beserta mitos atau legenda misterius yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Ada kaitannya dengan sepasang pengantin di jaman dulu.

Pesona air kolam

Umbul Manten menawarkan pemandangan alam yang begitu memanjakan mata dan pikiran. Belum lagi air di kolam ini juga sangat jernih, dilengkapi bebatuan di dasar air yang cantik.

BACA JUGA : Mitos dan Misteri Bukit Tambun Tulang, Dulunya Dipenuhi Tulang Manusia Korban Bekas Pembantaian

Di sekitar Umbul Manten juga pengunjung bisa melihat sawah yang hijau di kanan atau kiri kolam. Pohon yang rindang dan sawah yang hijau ini semakin menambah suasana sejuk di kolam.

Sumber mata air Umbul Manten ini juga berasal dari Umbul Peteng dan Umbul Pelem yang begitu menyegarkan.

Ukuran kolamnya terbilang kecil dengan kedalaman yang dangkal, sehingga masih cocok untuk tempat bermain anak-anak atau berenang di bagian tepi.

Jika ingin berenang, siapapun bisa ke kolam ini karena terbilang cukup dangkal. Namun, jika mengajak anak kecil, tetap perlu di awasi terlebih lagi tidak punya kemampuan untuk berenang.

Kolam di Umbul Manten ada 3 tempat, yang mana kolam utama dengan kedalaman sekitar 1,5 meter, kolam untuk anak-anak, serta aliran sungai dangkal bisa pengunjung nikmati.

Pengunjung yang ingin sekedar bersantai, bisa juga membawa laybag atau hammock yang bisa dikaitkan di antara pohon ipik.

Air yang begitu jernih di Umbul Manten ini bisa memungkinkan pengunjung mengambil foto di bawah air dengan sangat jelas.

Untuk akses jalannya sendiri cukup baik, berada di Jalan Janti Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sumber: