63 Kapal Terbakar di Pelabuhan Jongor Tegal, HNSI: Tidak Ada yang Diasuransikan

63 Kapal Terbakar di Pelabuhan Jongor Tegal, HNSI: Tidak Ada yang Diasuransikan

Sejumlah kapal terbakar di Pelabuhan Jongor Tegal Senin 14 Agustus 2023 malam--

RADAR TEGAL - Puluhan kapal terbakar dalam peristiwa yang terjadi sejak Senin 14 Agustus 2023 malam lalu. Ironisnya, daru kapal yang terbakar itu, tidak ada satupun yang diasuransikan.

Ketua DPD HNSI Jawa Tengah Riswanto mengatakan dari kejadian itu, totalnya ada 63 kapal yang terbakar. Namun, sayangnya dari jumlah kapal itu tidak ada yang masuk dalam asuransi.

"Total ada 63 kapal yang ludes akibat kejadian kebakaran tersebut dan tidak ada yang diasuransikan,"katanya.

Menurut Riswanto, pihaknya sering mengajukan upaya soal asuransi kapal perikanan di Kota Tegal. Namun belum bisa terealisasi.

"Karenanya, kami sedang mendalami agar kapal-kapal kami bisa diasuransikan. Saya belajar dari teman-teman dan ternyata Asuransi bisa, tapi include dengan pengajuan piutang perbankan,"jelasnya.

Riswanto menambahkan dalam kejadian tersebut, 2 kapal miliknya ikut terbakar. Keduanya berukuran 58 GT dan 111 GT.

"Kalau di total, kerugian saya mencapai Rp7 Miliar,"tandasnya.

Riswanto menilai, Pelabuhan Jongor sudah melebihi kapasitas. Belum lagi pendangkalan yang terjadi sudah cukup parah dan butuh pengerukan.

"Akibatnya, kalau terjadi yang seperti ini, kami kesulitan, karena saling berhimpitan jadi tidak bisa keluar dari kolam. Sehingga menambah korban-korban ditambah angin kencang," ujarnya.

Riswanto menambahkan, pelabuhan itu sudah tidak layak. Sehingga perlu ada pengembangan lagi. ***

 

Sumber: