Ganjar Pranowo Tinjau Lokasi Kebakaran Kapal di Tegal dan Minta BNPB Terjunkan Helikopter Water Boom

Ganjar Pranowo Tinjau Lokasi Kebakaran Kapal di Tegal dan Minta BNPB Terjunkan Helikopter Water Boom

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Tinjau Lokasi Kebakaran Kapal di Tegal--

RADAR TEGAL - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau langsung lokasi kebakaran kapal, Rabu 16 Agustus 2023 siang. Hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono, Komandan Lanal Tegal, Kapolres Tegal Kota dan Komandan Kodim 0712 serta Pj. Sekretaris Daerah Kota Tegal.

Pihaknya menilai, pemadaman kebakaran kapal di Pelabuhan Jongor Kota Tegal membutuhkan water boom menggunakan helikopter. Karenanya, Gubernur Ganjar Pranowo meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB) untuk segera mengirimkannya. 

Dalam penyampaiannya, Ganjar mengatakan berkoordinasi dengan BNPB. Hasilnya, agar Walikota mengajukan surat permohonan bantuan keadaan darurat. 

“Saya sudah koordinasi dengan BNPB agar Walikota membuat surat darurat,"katanya.

Sehingga, kata Ganjar, kalau satu area itu seperti jebakan, mereka di situ dan tidak bisa keluar, pemadaman dengan manual tidak selesai, butuh water boom pakai helikopter. dari mereka sudah di-oke-kan. Dia juga sudah meminta Basarnas untuk turun membantu.

"Basarnas ini kami minta turun membantu, agar kita keroyok, yang penting padam dulu,”ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, pihaknya juga meminta, Pemerintah Kota Tegal, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan KKP meredesign pasca kejadian. Sehingga, kejadian serupa tidak terulang kembali.

Ganjar juga mengimbau, agar ada edukasi kepada seluruh pihak terkait, khususnya pemilik kapal. Agar kedepannya tidak terulang.

"Terkait dengan nelayan yang tidak dapat melaut, kami meminta Pemprov dan Pemkot bisa memberikan bantuan kepada mereka,"pungkasnya. ***

Sumber: