Pemkot Gelontorkan Bantuan Bagi Nelayan Terdampak Kebakaran Kapal di Pelabuhan Jongor Tegal

Pemkot Gelontorkan Bantuan Bagi Nelayan Terdampak Kebakaran Kapal di Pelabuhan Jongor Tegal

Walikota Tegal serahkan bantuan kepada nelayan terdampak kebakaran kapal di Tegal--

RADAR TEGAL - Manyikapi tragedi kebakaran kapal yang terjadi sejak Senin 14 Agustus 2023 malam, Pemerintah Kota (Pemkot) menggelontorkan sejumlah bantuan. Bantuan itu, diperuntukkan bagi nelayan dan Penyewa kios yang terdampak akibat kejadian tersebut.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, di KUD Karya Mina Rabu 16 Agustus 2023 siang. Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan keprihatinan atas insiden kebakaran kapal yang terjadi.

"Kami menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah kebakaran kapal di kolam pembekalan lingkungan Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari,"katanya.

Menurut Dedy Yon, Pemkot Tegal bersama stakeholder lain telah melakukan berbagai upaya penanggulangan. Salah satunya, pemberian bantuan kali ini merupakan tindak lanjut atas kejadian tersebut.

"Kami bersama stakeholder terkait hadir hari ini sebagai tindak lanjut kami dalam membantu korban terdampak kebakaran kapal,"tandasnya.

Dedy Yon menyebut, bantuan yang pihaknya gelontorkan sebanyak 1.100 paket. Itu, merupakan wujud simpati kepada nelayan dan penyewa kios terdampak kebakaran kapal.

"Bantuan ini sifatnya bisa mengurangi beban, kalau menghilangkan beban sekaligus ini tidaklah cukup,"tambah Dedy.

Dedy Yon juga berharap adanya perluasan pelabuhan Kota Tegal oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Sebab, pelabuhan yang kapasitasnya sangat kecil luasnya 17 hektar mampu menampung 400 kapal.

"Tetapi kapal yang mendarat ini minimal 1.100 hingga 1.300 kapal. Sehingga ini untuk tempat parkir kapal sangat sempit,"jelasnya.

Akibatnya, kata Dedy Yon, ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperi kebakaran untuk evakuasi sangat susah. Apalagi kondisi pelabuhannya dangkal. 

"Kita berharap Kementrian Kelautan dan Perikanan yang dulu disampaikan Pak Menteri ini segera dibangun. Untuk perluasan penambahan 60 hektar sehingga total pelabuhan kedepan bisa 77,2 hektar,"pungkasnya. ***

Sumber: