Tiga Mitos Sungai Serayu, Terdapat Sebuah Kutukan?

Tiga Mitos Sungai Serayu, Terdapat Sebuah Kutukan?

Mitos Sungai Serayu--@yayangari

RADAR TEGAL – Sungai Serayu merupakan salah satu lokasi menarik yang terdapat di Jawa Tengah. Berikut tiga mitos sungai serayu.

Sungai ini melintasi lima kapubaten, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas hingga bermuara di Kabupaten Cilacap.

Diketahui, sungai serayu ini memiliki panjang capai 500 km yang mengalir melalui beberapa kota serta kebupaten, dan bermuara di laut Jawa.

Sungai ini juga merupakan salah satu lokasi terpenting bagi perekonomian Jawa Tengah.

Seperti yang sebagian masyarakat ketahui bahwa sengai ini menjadi jalur transportasi utama untuk  mengangkut barang, orang, serta sumber iar untuk pertanian dan industri.

Namun, terlepas dari itu semua. Sungai Serayu ternyata memiliki tiga mitos yang melekat dimasyarakat lho. Berikut tiga mitos sungai serayu.

BACA JUGA: Mitos Sungai Serayu Tidak Hanya Berkaitan dengan Sunan Kalijaga, Sosok Semar Juga Ikut Terkait

Tiga Mitos Sungai Serayu

1.      Mitos Makhluk Halus

Salah satu mitos populer yang menyelimuti warga sekitar yakni mitos tentang makhluk halus. Warga meyakini bahwa di dekat Muara Sungai terdapat banyak makhluk halus yang menghuni sungai tersebut.

Adapu makhluk- makhluk halus tersebut dipercaya bisa mengusik manusia, serta apalagi bisa menyakiti ataupun menewaskan mereka.

2.      Mitos Air Sungai yang Berbahaya

Mitos yang kedua mengeani air sungai yang beresiko atau berbahaya. Warga meyakini jika air sungai Serayu ini memiliki banyak toksin yang bisa membahayakan manusia.

Racun- racun tersebut dipercaya bisa menimbulkan penyakit, apalagi bisa menimbulkan kematian.

BACA JUGA: Menelusuri Legenda dan Asal Usul Sungai Serayu, Terbuat dari Air Seni Werkudara?

3.      Mitos Kutukan Muara Sungai Serayu

Mitos yang ketiga menegni sebuah kutukan. Warga sekitar meyakini bahwa siapa saja yang melanggar ketentuan yang terdapat di dekat Muara Sungai Serayu akan dikutuk.

Kutukan tersebut dipercaya bisa menimbulkan berbagai bencana seperti; semacam sakit, musibah, apalagi kematian.

Adanya mitos- mitos tersebut sudah membuat warga di dekat Muara Sungai jadi khawatir untuk melakukan aktivitas di dekat sungai tersebut.

Mereka khawatir untuk mandi, cuci, ataupun hanya berjalan di dekat sungai.

Perihal hal ini tentu sudah berakibat negatif pada kehidupan warga, serta membuat mereka kesusahan untuk memperoleh air bersih serta ikan buat disantap.

Demikian ulasan mengenai tiga mitos sungai serayu. Semoga bermanfaat.***

Sumber: