Anggota DPRD Apresiasi Warga Pertahankan Tradisi Sedekah Laut

Anggota DPRD Apresiasi Warga Pertahankan Tradisi Sedekah Laut

Sejumlah nelayan di Kecamatan Losari saat menggelar sedekah laut, Sabtu 12 Agustus 2023 lalu.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sejumlah nelayan di wilayah pesisir di Kabupaten Brebes dalam beberapa hari terakhir menggelar sedekah laut. Tradisi sedekah laut yang digelar oleh para nelayan di Kabupaten Brebes mendapat apresiasi dari anggota DPRD Brebes

Salah satunya yakni warga di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes. Sejumlah nelayan yang berada di Desa Prapag Kidul dan Prapag Lor menggelar sedelah laut pda, Sabtu 12 Agustus 2023 lalu.

Salah seorang anggota DPRD Brebes dari Fraksi Gerindra Haji Muhaimin mengatakan, tradisi sedekah laut merupakan bentuk rasa syukur para petani atas hasil yang didapat. 

"Sedekah laut ini bentuk rasa syukur para nelayan kepada Tuhan yang telah memberi rezeki kepada warga berupa hasil tangkapan yang melimpah," ujarnya.

Lewat sedekah laut, kata dia, ke depan hasil tangkapan ikan nelayan semakin banyak dan baik. Sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian msyarakat. 

"Harapannya, hasil tangkapan ikan semakin banyak dan masyarakat semakin sejahtera," terangnya.

Anggota DPRD lainnya, Muhammad Zroni menuturkan di Brebes sendiri ada tiga tradisi yang masih terjaga. Yakni, sedekah bumi, sedekah laut dan sedekah muara.

"Secara prinsip bagu, ini menandakan masyarakat masih menjga tradisi yang sudah ada sejak dulu. Dan kami apresiasi itu," terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan anggota DPRD dari Partai Golkar M. Kajirin. Menurutnya sedekah laut merupakan tradisi turun temurun sejak puluhan tahun silam. Ini dikandung maksud, ritual tolak bala sebagai rasa syukur nelayan atas diberinya keselamatan dan penghasilan.

"Selain sebagai tradisi. Acara sedekah laut juga menjadi acara ritual tolak bala agar para nelayan selamat dalam melaut dalam mencari nafkah," pungkasnya.***

Sumber: