258 Domba Sakub Khas Brebes Ikut Kontes Pameran

258 Domba Sakub Khas Brebes Ikut Kontes Pameran

Kepala DPKH Brebes drh. Ismu Subroto saat melibat pameran domba sakub. (Istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 258 domba sakub khas Brebes dari 138 peternak ikut kontes pameran, Senin, 14 Agustus 2023 di Dusun Gronggongan, Desa Wanareja, Kecamatan Sirampog.

Diketahui, Domba Sakub merupakan hewan ternak khas Kabupaten Brebes. Hewan ini berkembang di lereng Gunung Slamet. Tepatnya, hewan ternak ini berkembang di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan dan Wanareja, Kecamatan Sirampog.

Ketua Panitia Pameran Domba Sakub Purnomo mengatakan, kegiatan pmeran tersebut sebagai upaya memeprkenalkan Domba Sakub ke khalayak banyak. 

Kepala Desa Wanareja Tolibin menjelaskan, kalau saat ini populasi Domba Sakub di desanya terus meningkat. Data terakhir menyebutkan, populasinya mencapai kurang lebih mencapai 12 ribu ekor. Hal tersebut karena petani milenial semakin banyak yang tertarik memelihara domba Sakub.

Kebanyakan peternak melihat ada potensi yang besar dalam memelihara domba Sakub, termasuk potensi ekonomi.

Dia menyebutkan, sejak 2019 lalu telah dilakukan kontes domba sakub. Hal ini untuk mengenalkan domba khas Brebes. "Ide kontes berasal dari para peternak itu sendiri," ujarnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes drh Ismu Subroto mengapresiasi kegitan pameran tersebut.

"Peningkatan populasinya sudah bagus. Tinggal perawatan dan kebersihan kandang saja untuk terus diperhatikan," singkatnya.***

Sumber: