Banyak PNS yang Pensiun, Pj Bupati Brebes Bilang Begini

Banyak PNS yang Pensiun, Pj Bupati Brebes Bilang Begini

Pj Bupati (pakai masker) saat memberikan ucapan selamat kepada PNS yang masuk masa purna tugas. (Istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 152 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Brebes bakal mencapai batas usia pensiun. Jumlah itu Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 Septembsr hingga 1 November 2023 mendatang.

Jumlah tersebut terdiri dari Pejabat eselon II sebanyak 2 orang yakni Agus As'Ari yang saat ini menjabat sebagai Assisten 2 Sekda TMT 1 September 2023. Dan Sutrisno Kadin Perwaskim TMT 1 Oktober 2023.

Untuk pejabat eselon III sebanyak 4 orang, Pejabat eselon IV juga 4 orang, Pelaksana/Staf ada 40 orang. Kemudian, tenaga kependidikan 99 orang. "Selanjutnya, tenaga kesehatan 1 orang, dan pejabat fungsional lainnya sebanyak 2 orang," ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin mengatakan, dengan masuk masa pensiun maka jumlah PNS di daerah terus berkurang. Hal ini akibat Formasi CPNS yang sangat sedikit. Bahkan tahun 2023 tidak ada formasi yang ada hanya Formasi P3K sebanyak 2.651. Akibatnya SDM Brebes dalam kondisi kritis untuk mendukung kinerja pemerintah Kabupaten Brebes.

Dia menambahkan, kondisi pegawai daerah sekarang cukup kritis jika ada 1.000 orang dalam satu tahun pensiun. Padahal Brebes membutuhkan pegawai paling tidak 36-40 ribu PNS. Akibat banyak yang pensiun maka dalam waktu yang tidak lama kondisi SDM Brebes sangat kritis untuk mendukung kinerja pemerintah Kabupaten Brebes. 

"Semoga Pemerintah Pusat akan membuka kembali formasi CPNS di waktu-waktu mendatang," ujarnya.

Dalam kesemptan itu, Pj Bupati juga mengucapkan selamat kepada PNS yang memasuki masa purna tugas dan berhasil untuk mendapatkan penghargaan pensiun. Memasuki pensiun, Urip mengaku tidak bisa membalas jasa, hanya ucapan terima kasih yang mendalam atas kinerja yang diberikan selama manjadi abdi negara dan abdi masyarakat.***

Sumber: