Rusak Diterjang Bencana 2019 Lalu, Pemkab Kembali Bangun Jembatan Kali Kerut

Rusak Diterjang Bencana 2019 Lalu, Pemkab Kembali Bangun Jembatan Kali Kerut

Proses perbaikan jembatan Kali Kerut sedang dilakukan oleh para pekerja. (Istimewa)--

RADAR TEGAL - Penantian panjang perbaikan Jembatan Kali Kerut di Dukuh Cigobang, Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan akhirnya terealisasi. Jembatan yang rusak diterjang bencana pada 2019 lalu, jembatan Kali Kerut akhirnya mulai diperbaiki pada tahun ini.

Rusaknya jembatan tersebut, sempat membuat akes masyarakat terganggu. Pasalnya, sebelum ada perbaikan, masyarakat membangun jembatan darurat dengan bahan seadanya. 

Padahal akses tersebut sangat dibutuhkan masyarakat sebagai untuk jalur perekonomian, khususnya bagi peternak ayam potong, telur ayam dan warga yang menjual hasil pertaniannya. Selama ini, masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat harus memutar arah sejauh 10 km.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sutaryono melalui Kabid Bina Marga Ridho Khaeroni mengatakan, bahwa Pemkab Brebes di 2023 ini, mulai membangun di jalan poros penghubung dua kecamatan.

"Dengan anggaran yang ada, alhamdulilah tahun ini jembatan Kali Kerut bisa diperbaiki," Ridho Khaeroni saat dihubungi melalui telefon selulernya, Kamis, 10 Agustus 2023.

Pembangunan jembatan yang menghubungkan ruas jalan Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan dan Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, mulai dikerjakan sejak 25 Mei hingga 21 Oktober 2023 mendatang. Atau sekitar 5 bulan.

Dalam proses pembngunan itu, Ridho menegaskan, pihaknya meminta rekanan untuk bisa mengerjakan jembatan itu. Terutama dalam pembangunannya harus sesuai rencana jangan sampai molor dan pekerjaan jembatan sesuai mutu. 

"Kami minta pengerjaan jembatan ini, tepat waktu dan sesuai keinginan masyarakat. Apalagi jembatan ini, menjadi akses penting bagi masyarakat di sana (Kedungoleng), yang selama ini mendambakan jembatan tersebut bisa kembali dilalui," pungkasnya.****

Sumber: