Misteri Antu Banyu, Sosok Penghuni Sungai Musi Palembang yang Bikin Merinding Terbayang-bayang

Misteri Antu Banyu, Sosok Penghuni Sungai Musi Palembang yang Bikin Merinding Terbayang-bayang

source pic antu banyu | screenshoot--

RADAR TEGAL - Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatra Selatan dan merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini memiliki panjang sekitar 750 kilometer dan lebar rata-rata sekitar 100 meter.

Sungai Musi juga merupakan salah satu sungai tersibuk di Indonesia, karena menjadi jalur transportasi utama bagi masyarakat Palembang dan sekitarnya.

Selain menjadi jalur transportasi, Sungai Musi juga merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Palembang. Sungai ini menawarkan pemandangan yang indah, dengan deretan rumah tradisional yang berdiri di tepi sungai. Namun, dibalik keindahannya, Sungai Musi juga menyimpan misteri yang masih belum terungkap.

Salah satu misteri yang paling terkenal di Sungai Musi adalah keberadaan sosok Antu Banyu. Antu Banyu adalah hantu air yang konon menghuni sungai ini. Menurut cerita rakyat, Antu Banyu adalah sosok yang menyeramkan.

Ia memiliki tubuh yang besar dan berambut panjang. Ia juga memiliki gigi yang tajam dan kuku yang panjang. Antu Banyu dipercaya suka menculik anak-anak yang bermain di tepi sungai.

Banyak orang yang percaya bahwa Antu Banyu memang benar-benar ada. Namun, ada juga yang menganggap bahwa Antu Banyu hanyalah cerita rakyat yang dibuat-buat. Hingga saat ini, keberadaan Antu Banyu masih menjadi misteri yang belum terungkap.

BACA JUGA:  Aura Mistis di Desa Puger Wetan, Jatim: Terdapat Pulau Nusa Barung yang Menjadi Pusat Pembelajaran Ilmu Ghaib

 

Asal Usul Antu Banyu

Asal usul Antu Banyu tidak diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa cerita rakyat yang menjelaskan tentang asal usul sosok ini. Salah satu cerita rakyat mengatakan bahwa Antu Banyu adalah seorang putri yang cantik.

Putri ini dibunuh oleh orang tuanya karena menolak menikah dengan pria pilihan mereka. Setelah meninggal, jiwa putri ini gentayangan di Sungai Musi dan menjadi Antu Banyu.

Cerita rakyat lainnya mengatakan bahwa Antu Banyu adalah seorang wanita yang tenggelam di Sungai Musi. Wanita ini tenggelam karena dianiaya oleh suaminya. Setelah meninggal, jiwa wanita ini gentayangan di Sungai Musi dan menjadi Antu Banyu.

 

Ciri-ciri Antu Banyu

Sumber: