Melestarikan Tradisi Sedekah Bumi, Warga Grinting Arak Gunungan Hasil Panen

Melestarikan Tradisi Sedekah Bumi, Warga Grinting Arak Gunungan Hasil Panen

Masyarakat Desa Grinting saat mengarak hasil bumi di acara Sedekah Bumi di balai desa setempat, Sabtu, 5 Agustus 2023. (Istimewa)--

RADAR TEGAL - Melestarikan tradisi sedekah bumi, warga Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba melakukan arak-arakan hasil panen, Sabtu, 5 Agustus 2023. Berbagai hasil bumi, dijadikan gunungan kemudian diarak menuju balai desa setempat.

Mengwali tradisi sedekah bumi, masyarakat desa setempat melakukan prosesi kirab budaya dari lapangan desa setempat menuju balai desa. Sebelum melakukan arak-arakan, salah seorang tokoh agama mengkumandangkan Adzan terlebih dahulu.

Bahkan, masyarakat setempat nampak antusias mengikuti arak-arakan tersebut. Setelah itu, gunungan hasil bumi didoakan oleh sesepuh desa, untuk mendapatkan berkah bagi pertanian hasil bumi. Maka sesampainya di Balai Desa hasil bumi yang telah didoakan jadi rebutan warga.

Kepala Desa Grinting, Suhartono mengatakan, gelaran sedekah bumi bagi masyarakat di Desa Grinting, merupakan rasa syukur atas limpahan hasil pertanian saat ini. Termasuk berharap, pada masa panen depan, bisa memperoleh hasil pertanian yang baik termasuk harga yang baik juga.

"Yang jelas pertama syukur kepada Allah SWT, kita hidup di dunia, kita makan dari hasil bumi. Yang kedua menampilkan kesenian tradisional. Di mana Desa Grinting memiliki sejumlah kelompok kesenian tradisional, seperti kesenian kuda lumping," ungkapnya.

Dia menjelaskan, tradisi sedekah bumi sudah ada di desanya sejak puluhan tahun silam. Namun, hasil bumi yang diarak keliling kampung baru digelar beberapa tahun terakhir.

"Sedekah bumi dengan menampilkan kesenian tradisional baru beberapa tahun ada. Harapannya, bisa digelar setiap tahunnya arak-arakan sedekah bumi di Desa Grinting," imbuhnya.

Sementara Tokoh Pemuda Desa Grinting Suwarno, menyambut baik adanya arak-arakan hasil bumi dengan menampilkan berbagai kesenian tradisional.

"Kegiatan ini bisa menghibur masyarakat di Desa Grinting. Apalagi generasi milenial supaya tahu, bahwa kita punya budaya lokal yang harus selalu dipertahankan," jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Brebes Opy Ropiyah menyambut baik acara sedekah bumi di Desa Grinting. Di mana masyarakat khususnya petani di Desa Grinting masih mempertahankan ritual tradisi leluhur. Ditambah, antusias masyarakat juga sangat baik dalam menyambut kegiatan tersebut.

"Ini menunjukkan masyarakat di sini tidak pernah lupa, bawah rezeki apa yang telah mereka dapat adalah dari Allah SWT. Saya berharap ke depannya para petani bisa mendapatkan hasil yang baik di masa panen nanti, sehingga kami harapkan bisa meningkatkan perekonomian keluarga" pungkasnya.***

Sumber: