Deteksi Dini Kanker Serviks, Laboratorium Jejaring Didorong Capai Target Pemeriksaan Pap Smear Peserta JKN

Deteksi Dini Kanker Serviks, Laboratorium Jejaring Didorong Capai Target Pemeriksaan Pap Smear Peserta JKN

PIC Laboratorium jejaring didorong mencapai target pemeriksaan pap smear untuk peserta JKN di wilayah BPJS Kesehatan Tegal.-foto: zuhlifar arrisandy-

Secara umum, wanita melakukan pap smear test mulai usia 21 tahun hingga 65 tahun. Frekuensi idealnya adalah 3 tahun sekali, dan jika sudah berusia di atas 30 tahun boleh 5 tahun sekali.

Selain mendorong pemeriksaan pap smear, BPJS Kesehatan Tegal juga mengimbau kepada laboratorium jejaring untuk tidak lupa gencar menyosialisasikan pemeriksaan penunjang prolanis.

Demikian pula skrining riwayat kesehatan, baik melalui aplikasi mobile JKN, ataupun datang secara langsung ke laboratorium tersebut. Hal ini sebagai bagian dari upaya promotive preventif yang dilakukan terhadap peserta JKN yang berisiko mengalami penyakit kronis. 

Apalagi kini aplikasi mobile JKN yang dapat diunduh secara gratis untuk pemilik android dan iphone telah dikembangkan untuk membantu kepentingan peserta JKN. Misalnya pengurusan administratif kepesertaan JKN, maupun pelayanan kesehatannya.

Demikian informasi tentang target pemeriksaan pap smear terhadap laboratorium jejaring BPJS Kesehatan Tegal.(*)

Sumber: