Tilik Desa di Yamansari, Bupati Tegal Minta Kades Serius Tangani Sampah

Tilik Desa di Yamansari, Bupati Tegal Minta Kades Serius Tangani Sampah

Bupati Tegal Umi Azizah saat memberikan sambutan dalam kegiatan Tilik Desa di Desa Yamansari.-Yeri Noveli-

RADAR TEGAL - Persoalan pengelolaan sampah masih menjadi permasalahan yang tak kunjung selesai. Bupati Tegal Umi Azizah meminta pemerintah desa serius tangani sampah

Hal ini diungkapkan Umi saat kegiatan Tilik Desa di Desa Yamansari, Kecamatan Lebaksiu.

Menurut Umi, pengolahan sampah merupakan tanggung jawab setiap individu, pelaku usaha hingga lembaga pemerintahan, termasuk pemerintah desa. 

Umi pun meminta kepala desa bisa ikut serta menumbuhkan kesadaran masyarakat memilah sampah sejak dari rumah.

Terlebih bagi desa-desa yang menerima program Desa Merdeka Sampah yang hingga tiga tahun pelaksanannya ini telah memfasilitasi dana stimulan pengelolaan sampah di 121 desa.

BACA JUGA:Ini 9 Tatanan Kabupaten Kota Sehat yang Bupati Tegal Paparkan ke Kemenkes dan Kemendagri

“Keseriusan setiap rumah tangga mengolah sampahnya harus disosialisasikan secara masif dan intensif. Dipraktikkan serta dipantau pelaksanaannya supaya sampah yang dihasilkan bisa dikelola secara maksimal. Tidak menggunung di TPA (tempat pemrosesan akhir) atau di buang sembarangan di tepi jalan, tepi sungai atau jembatan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Umi juga memaparkan sejumlah agenda strategis pembangunan daerah seperti infrastruktur, pelayanan publik, perluasan lapangan kerja, pendidikan, kesehatan hingga penanggulangan kemiskinan.

Angka kemiskinan Kabupaten Tegal yang terus berkurang menjadi indikasi ketepatan implementasi dan penetapan sasaran kegiatan penanggulangan kemiskinan.

Yakni yang saat ini difokuskan pada program perlindungan dan jaminan sosial, jaminan kesehatan dan rehab rumah tidak layak huni.

“Selama kepemimpinan saya, alhamdulillah sudah ada 10.907 rumah tidak layak huni yang berhasil kita pugar, kita perbaiki. Termasuk tahun ini kita anggarkan Rp11 miliar,” ungkapnya.

BACA JUGA:Bupati Tegal Klaim E-katalog Pengadaan Barang dan Jasa Efektif Tekan Praktik Korupsi

Terkait persoalan pengangguran, pihaknya juga mengupayakan sejumlah hal seperti kemudahan perizinan berusaha dan berinvestasi, terutama di sektor industri padat karya. 

Harapannya, melalui kebijakan ini akan banyak investasi yang masuk. Selain menggerakkan perekonomian lokal, setiap pertumbuhan ekonomi yang didapat akan membuka kesempatan kerja.

Sumber: