Terdampak Kebakaran, Fungsi Kabel LPJU di Jl KS Tubun Kabupaten Tegal Terganggu

Terdampak Kebakaran, Fungsi Kabel LPJU di Jl KS Tubun Kabupaten Tegal Terganggu

Pengantiaan kabel DX yang terbakar imbas insiden kebakaran warung segera dilakukan penggantian agar tidak mengganggu LPJU.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Dampak insiden kebakaran kios warung yang berlokasi di Jalan KS Tubun akhir pekan lalu, menjadikan fungsi kabel LPJU terganggu. Hal ini disikapi Dinas Perhubungan dengan melakukan perbaikan di lokasi kejadian.

Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Budi Eko Setyawan melalui  Kabid Sarpras Perlengkapan Jaklan, Waedi menyatakan, akibatnya terbakarnya deretan warung  turut melahap kabel DX yang berada di atas warung tersebut. 

"Adapun fungsi dari kabel DX untuk menghubungkan satu lampu PJU dengan lampu yang lainnya. Panjang kabel DX yang turut terlahap kobaran api sekitar 40 meter," ujarnya Rabu 2 Agustus 2023.

Dia juga mengaku bahwa untuk tahun ini bidangnya mendapatkan alokasi anggaran untuk pemeliharaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di wilayah Kabupaten Tegal

"Baru ditahun ini kami mendapatkan alokasi Rp700 juta untuk mendukung anggaran pemeliharaan LPJU. Walaupun tidak besar, setidaknya bisa membantu kami untuk segera bergerak ketika perbaikan dibutuhkan dengan cepat," cetusnya.

BACA JUGA:Tekan Kebocoran Pembayaran, Meterisasi LPJU Rambah Wilayah Slawi

BACA JUGA:Kronologi dan Pengakuan Saksi Kebakaran yang Hanguskan 3 Kios di Pakembaran Slawi

Pihaknya mengaku dengan alokasi dana yang ada memang belum maksimal untuk mendukung pemeliharaan LPJU bila berkaca pada luasan wilayah layanan. 

"Minimal dibutuhkan anggaran Rp2 millar untuk mendukung pemeliharaan LPJU untuk seluruh wilayah Kabupaten Tegal. Hal ini melihat kondisi lapangan saat ini masih dibutuhkan lampu SON  khususnya untuk daerah atas seperti Bojong, Bumijawa, Margasari, dan Jatinegara," ungkapnya.

Dan untuk tahun ini  proses meterisasi LPJU juga terhenti karena tidak adanya alokasi anggaran. 

"Kami akan coba mengajukan di ubahan APBD II barangkali diakomodir. Meterisasi LPJU sangat membantu menekan pengeluaran keuangan pemkab, karena pemayaran sesuai dengan pemakaian," tegasnya. *

Sumber: