Asal-Usul Terbentuknya Danau Beko Margasari Tegal

Asal-Usul Terbentuknya Danau Beko Margasari Tegal

Foto: Nurkartika | Danau Beko Margasari--

RADARTEGAL.DISWAY.ID  Seperti yang Anda ketahui bahwa kini Danau Beko yang berada di Kecamatan Margasari sedang populer. Berikut asal-usul terbentuknya danau beko Margasari Tegal.

Umumnya, Danau dapat terbentuk oleh aktivitas masyarakat seperti bekas galian tambang yang ditinggalkan dan terisi oleh derasnya air hujan.

Salah satu danau yang terkenal di  Tegal yakni Danau Beko. Danau ini memiliki pemandangan alam yang indah berupa genangan air dan gunung karang atau kapur yang dapat memanjakan mata Anda.

Asal-Usul Terbentuknya Danau Beko Margasari

Dana Beko ini berada di desa Karangdawa, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal.

Danau tersebut terletak diperbukitan kapur yakni danau yang berawal dari bekas galian pertambangan kapur.

Terdapat hal unik dengan asal mula penyebutan danau beko Margasari ini. Istilah tersebut muncul karena di sekitar danau tersebut terdapat beberapa mobil beko atau mobil keruk yang sedang beraktivitas di sekitar lokasi tersebut.

Tentu saja, lokasi tersebut merupakan lokasi penambangan kapur, adanya mobil tersebut telah mempermudah dalam kegiatan pertambangan.

Apabila dilihat yang sebenarnya, awal mula munculnya danau beko ini yakni hal yang wajar karena lokasi tersebut bekas galian penambang kapur.

Lalu, kenapa hal tersebut telah  membuat masyarakat menjadi heboh dan bahkan menjadi trending topik di Kabupaten Tegal?

Melansir dari ronyasmara.blogspot.com, hebohnya kemunculan danau tersebut bermula pada suatu peristiwa yakni musibah yang dialami oleh salah seorang penambang kapur.

Diketahui, pada saat penambang tersebut sedang membuat lubang untuk menanmkan bahan peledak, tiba-tiba tempat yang Ia pijak amblas dan longsor ke bawah dalam air, kedalaman air tersebut diketahui mencapai delapan meter.

Peristiwa tersebut lantas membuat heboh warga sekitar dan warga pun mulai banyak  yang berdatangan karena berkembangnya kabar dan desas-desus bahwa di Gunung Karang tersebut telah muncul sebuah Danau.

Selain itu, ada juga yang menyebut Sungai Bawah Tanah dan Segara Bawah Tanah.

Masyarakat sekitar pun semakin banyak yang datang. Hal tersebut pun telah menjadikan danau beko Margasari ini makin populer.

Hingga kini, Danau Beko Margasari menjadi buruan untuk foto selfie bagi kalangan anak muda dan yang akan melangsungkan prewedding.

Demikian ulasan mengenai Asal-Usul Terbentuknya Danau Beko Margasari. Semoga bermanfaat.***

Sumber: