7 Fakta Unik Pasar Burung Muntilan Magelang, Tempat Asyik Berburu Merpati Balap dan Jual Barang Bekas

7 Fakta Unik Pasar Burung Muntilan Magelang,  Tempat Asyik  Berburu Merpati Balap dan Jual Barang Bekas

Pasar burung Muntilan-maps.google.com-

RADARTEGAL.DISWAY.ID-Berkunjung ke Kota Muntilan tidak jauh sekitar 200  meter  dari Pasar sayur menjumpai  sebuah pasar burung. Menuju  pasar burung Muntilan melewati  Jalan Pemuda terlebih  dahulu kemudian baru masuk  teminal dan letak pasar burung sebelah utara  terminal.

Ramai  Saat Hari Pasaran Kliwon dan Pon                           

Ketika menjelajah pasar ini  memang tidak biasa ada banyak  beragam jenis burung sampai barang-barang bekas  di  pasar klitikan. Tidak setiap hari  ramai,  seperti pasar-pasar  lain seperti Pasar Talun Dukun  atau pasar hewan Muntilan saat ramai  pada   hari pasaran.

Pasar burung Muntilan di Kabupaten Magelang ramai  penuh pembeli maupun penjual di pasaran Kliwon atau  Pon berdasarkan penanggalan  Jawa. Pada hari pasaran suasana  sangat ramai tidak  seperti hari-hari  biasa.

Hampir kanan kiri bahu jalan penuh sesak barang dagangan. Lalu lalang pembeli maupun pedagang tidak bisa   dihindari saat lewat kawasan. Pasar burung  Muntilan tidak hanya ramai pada  hari pasaran Kliwon atau Pon  saja.

Jelang hari raya lebaran atau  Idul Fitri atau hari diakhir  bulan-bulan puasa   akan selalu ramai setiap harinya. Tiap  hari  pasar ini sebenarnya  buka,  hanya hanya saja  tidak  seramai saat  hari pasaran tersebut.

Jual Beli Aneka Burung

Sesuai namanya  pasar burung  menjual aneka  jenis  burung yang harga  murah dan terjangkau. Ketika hari pasaran berbagai burung dan unggas  mudah  didapat harga  murah sampai mahal.

Tempat Berburu  Merpati  Balap

Hal menarik dari  fakta unik pasar burung  Muntilan menjadi tempat berburu penghobi merpati balap. Baik kelas tinggian dan teleseran rendah selalu diburu sehingga tidak ada matinya  jualan merpati balap.

Jumlah penggemar  burung merpati  balap kian hari  makin bertambah banyak, maka tidak heran penghobi  merak berbondong-bondong ke pasar burung Muntilan.  Mereka rela datang  jauh-jauh dari Jakarta,  Banten dan sekitarnya hanya untuk berburu merpati balap

 Merpati balap memang beda  dan khas ketika sedang pasaran sampai mengirimkan barang dagangan merpati ke  Jakarta dan Banten setiap  bulan.  Bahkan  ada  pula pedagang mengambil  dari  pasar  burung Muntilan  kemudian dijual kembali

Selain itu, ada  pula pembeli yang mencari langsung ke kandang peternak tersebar wilayah Muntilan, Magelang dan sekitarnya. Mereka datang bukan saja dari Semarang,  Temanggung,  Solo tetapi  juga Wonosobo terutama akhir pekan Sabtu dan Minggu.

Harga  Variasi Dari 100 Ribu-Jutaan

Begitu beragam jenis  burung  yang  harga  100 ribu sampai jutaan rupiah kemudian harga  jutaan umumnya  merpatii  balap  kelas tinggian.Kelas tinggian  biasanya  digunakan  lomba  tingkat nasional dan peminat burung merpati tidak pernah surut.

Anino masyarakat   selalu meningkat jelang lomba, tetapi  hati-hati saat  transaksi kerap terjadi penipuan masalah harga. Pastikan mengetahui dan mengenal apa  yang dicari atau bisa  juga mengajak  seseorang sudah  pengalaman menghindari kasus penipuan.

Pengunjung Pasar Sebagian Besar Kaum Laki-laki

Lantaran produk dalam pasar hanya jual beli aneka  burung pengunjungnya pun terdiri sebagian besar kaum laki-laki. Mulai  dari anak  sekolah, setengah baya  hingga  kakek-kakek selalu lalu lalang di sekitar pasar untuk berburu bermacam burung.

Lomba Kicau Burung dan Balap Merpati

Pasar  burung Muntilan memang berbeda dengan jenis  lainnya lantaran lokasinya berada dipinggir  jalan. Tepatnya sebelah selatan pintu masuk-keluar terminal Dr Karyadi Muntilan atau  sebelah utara terminal

Letak pasar yang strategis dimanfaatkan oleh pengelola sebagai ajang  lomba kicau burung dan merpati  balap. Di sinilah tempat pasar trasional  yang tidak biasa dan khas  sudah pasti  suasana jadi ramai dan meriah oleh suara aneka  burung.

Selain jual beli  berbagai jenis burung juga aneka barang  seperti peralatan otomoti, kompor gas sampai hewan  tupai, hunter  harganya murah. Bahkan ada pula barang-barang antik dan pastikan memahami barang yang akan diibeli agar aman dan nyaman *

 

 

Sumber: