Mengenal Waterleiding Kota Tegal Bangunan Bersejarah Tahun 1931 pada masa Kolonial Belanda

Mengenal Waterleiding Kota Tegal Bangunan Bersejarah Tahun 1931 pada masa Kolonial Belanda

Ilustrasi waterleiding Kota Tegal bangunan bersejarah tahun 1931 pada masa kolonial Belanda.--

Waterleiding Kota Tegal merupakan sebuah bangunan tinggi dengan ketinggian mencapai 42 meter yang terbagi menjadi 5 lantai. 

 

Anda bisa melihat jumlah lantai tersebut dari luar bangunan. Untuk mencapai lantai pertama dan kedua, Anda akan menggunakan tangga spiral dengan anak tangga yang ukurannya relatif kecil. 

 

Meskipun demikian, tangga tersebut dilengkapi dengan pembatas tepi sebagai pengaman agar para pengunjung tidak mudah lelah saat menaiki tangga.

 

Sementara itu, untuk mencapai lantai 3 hingga 4, digunakan tangga vertikal dengan jarak antar lantai sekitar 6 meter. Namun, tantangan sesungguhnya ada di lantai terakhir, yakni lantai 5. 

 

Saat naik ke lantai 5, suasana dan kondisinya berbeda dari lantai-lantai sebelumnya. Terdapat lorong vertikal yang cukup sempit dengan panjang sekitar 16 meter. 

 

Proses pendakiannya bisa cukup melelahkan. Namun, rasa lelah Anda akan segera terobati ketika sampai di ujung tangga, karena angin sejuk akan menyambut Anda. 

 

Sayangnya, karena bukan tempat umum, roof top Waterleiding tidak terlalu terawat. Hanya ada beberapa antena televisi dan LED display yang menyala di malam hari.

 

Pemandangan yang terbentang dari atas Waterleiding akan membuat Anda terpesona. Kota Tegal terlihat begitu indah, terutama ketika pandangan mengarah ke sebelah utara, di mana Pantai Alam Indah atau PAI tampak berwarna biru dari ketinggian. 

Sumber: