Terbengkalai! Berikut Sejarah Stasiun Balapulang, Pernah Alami Kerugian?

Terbengkalai! Berikut Sejarah Stasiun Balapulang, Pernah Alami Kerugian?

Stasiun Balapulang --

RADARTEGAL.DISWAY.ID  - Stasiun Balapulang (BLP) merupakan stasiun non aktif di daerah Tegal yang memiliki ketinggian +90 meter yang berada dalam Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto.

Diketahui, Stasiun Balapulang ini telah menjadi tujuan akhir dari jalur KA Slawi – Balapulang (14 KM) yang dibuka oleh Javasche Spoorweg Maatschappij (JSM) pada tahun 1886.

Hingga pada tahun 1892, stasiun ini diketahui telah mengalami kerugian kemudia dijual kepada perusahaan kereta api swasta Semarang-Cheribon Stoomtram Maatscappij (SCS).

Setelah mengambil alih lintas Tegal – Balapulang,  SCS kemudian mengubah jalur kereta api menjadi jalur trem. Hingga pada tahun 1895, lintas tersebut dibuka kembali untuk umum.

Adapun untuk pengangkutan penumpang yakni dibedakan menjadi tiga kelas yakni kelas 1, kelas 2, dan kelas  dua khusus pribumi.

Stasiun ini tidak hanya diperuntukan oleh penumpang saja, namun juga dapat mengangkut hasil bumi.

Pada tahun 1898, terdapat tiga kali perjalanan trem pergi-pulang yang melintasi Stasiun Slawi dalam lintas Tegal – Balapulang.

Untuk lokasi Stasiun Balapulang sendiri berlokasi di sebelah barat Pasar Balapulang.

Dulunya tepat di sebelah utara Pabrik Gula Balapulang atau SF (Suikerfabriek) Balapulang. Lokasi tersebut telah ditemukan di peta buatan Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1913 – 1915.

Sejak stasiun ini tidak diaktifkan, tidak banyak lagi masyarakat yang naik dan turun kereta apa di Stasiun ini.

Keadaan Stasiun Balapulang ini pun sekarang sangat memperihatinkan dibandingkan dengan stasiun non aktif lainnya.

Bahkan beberapa bangunan sudah tidak terurus lagi dan kini hanya terdapat satu jalur aktif dari tiga jalur yang dulu pernah ada.

Secara fungsi, mungkin stasiun ini sudah tidak difungsikan lagi. Namun secara fisik banygnan masih terlihat jelas seperti loket pembelian karcis, ruangan PPKA/Kepala Stasiun, dan gudang.

Demikian ulasan demikian ulasan mengenai sejarah stasiun Balapulang. Semoga bermanfaat.***

Sumber: