5 Mitos Gunung Rinjani, Konon Tempat Bersemayamnya Dewi Anjani

5 Mitos Gunung Rinjani, Konon Tempat Bersemayamnya Dewi Anjani

Mitos Gunung Rinjani--pinterest.com

RADAR TEGAL - Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini termasuk dalam kategori gunung tertinggi kedua di Indonesia. 

Ketinggian gunung ini mencapai 3.726 mdpl. Keindahan dan ketinggian Gunung Rinjani menjadikan gunung ini populer sebagai tujuan pendakian para pendaki. 

Mitos Gunung Rinjani

Di balik keindahannya, gunung ini menyimpan beberapa mitos di dalamnya. Kabarnya gempa di Lombok beberapa waktu lalu ada sangkut pautnya dengan mitos di Gunung Rinjani.

BACA JUGA:Mengungkap 5 Mitos dan Misteri Kota Kediri, Presiden Jangan ke Sini!

1. Gunung Rinjani sebagai tempat bersemayamnya Dewi Anjani 

Nama “Rinjani" terdengar begitu indah, bukan? Konon, nama ini ada hubungannya dengan Dewi Anjani. 

Dewi itu menurut banyak orang adalah penguasa gunung, Lombok, dan sekitarnya. Di sekitar gunung ini terdapat sebuah kawah bernama Segara Muncar.

Masyarakat meyakini bahwa kawah tersebut merupakan istana sang ratu. Konon, istana itu dapat terlihat dengan mata telanjang pada saat-saat tertentu. 

2. Mitos Danau Segara Anak

Danau Segara Anak konon memiliki mitos tentang danau yang bisa menentukan umur. 

Mitos ini dapat terlihat ketika para pendaki melihat Danau Segara Anak. Jika seseorang melihat danau ini adalah danau yang luas, maka orang itu akan berumur panjang.

Sebaliknya, jika seseorang melihat danau ini adalah danau yang kecil atau sempit, maka orang itu berumur pedek. Tentu saja itu hanyalah mitos.

Siapapun boleh memercayainya atau tidak. Kembali lagi, sebagian orang lebih percaya bahwa umur hanyalah Tuhan yang bisa menentukan. 

Sumber: youtube larasati channel