Sejarah dan Misteri Goa Siluman, Keajaiban Pesanggrahan Sultan HB II Keindahan Taman Air di Bawah Tanah

Sejarah dan Misteri Goa Siluman, Keajaiban Pesanggrahan Sultan HB II Keindahan Taman Air di Bawah Tanah

Ilustrasi sejarah dan misteri Goa Siluman dan keajaiban Pesanggrahan Sultan HB II di balik keindahan taman air di bawah tanah.-(Foto: Tangkapan Layar/Pexels).-

Dari sana, arahkan langkah menuju berbah dan ambil belokan kiri. Situs ini terletak di pinggir jalan, sekitar 15 km di timur pusat kota Yogyakarta.

 

Begitu Anda sampai di bangunan pintu gerbang Goa Siluman, Anda akan melihat relief burung Beri yang terpahat di bagian atasnya. 

 

Relief ini memiliki bentuk yang unik dan masih dapat dikenali meskipun beberapa bagian sudah mengalami kerusakan akibat usia. 

 

Selain itu, terdapat juga beberapa anak tangga di bawah pintu yang menghubungkan bagian luar dengan lorong di dalam gua.

 

Pesanggrahan bernilai sejarah

 

Meskipun tidak sepopuler beberapa tempat kerajaan lainnya, Goa Siluman memiliki peran penting bagi kalangan Keraton Yogyakarta sebagai tempat bertapa. 

 

Bersama dengan Pesanggrahan Warungboto, tempat ini tercatat dalam tembang macapat yang menceritakan tentang kemajuan pada masa pemerintahan Hamengku Buwono II di Yogyakarta. 

 

Namun, hingga kini misteri yang menyelimuti nama "Siluman" dalam Goa ini belum terkuak, bahkan identitas kerabat atau orang-orang yang dulunya menggunakan tempat ini juga tidak jelas.

Sumber: