Mitos Kali Pemali Brebes, Menguak Istana Lelembut Konon Dihuni Ular Berkepala Kerbau dan Buaya Putih

Mitos Kali Pemali Brebes, Menguak Istana Lelembut Konon Dihuni Ular Berkepala Kerbau dan Buaya Putih

Ilustrasi mitos Kali Pemali Brebes, menguak istana lelembut yang kononnya dihuni ular berkepala kerbau dan buaya putih.--

Belum ada kejelasan tentang asal-usul cerita misterius dan mitos ini, tetapi konon, setiap tahun, makhluk halus penunggu sungai Pemali meminta tumbal berupa korban nyawa.

 

Sungai Pemali, yang bermuara ke laut Jawa, berhulu di dataran tinggi di daerah barat Gunung Slamet, tepatnya di Gunung Sembung dengan ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. 

 

Sungai ini berasal dari Pegunungan Lio dan Perbukitan Baribis-Bantarkawung, memiliki panjang sekitar 125,4 kilometer, mengalir dari utara ke selatan, dan merupakan sungai terbesar di Kabupaten Brebes.

 

Mitos yang dihubungkan dengan Kali Pemali

 

Kematian para warga yang tenggelam di sungai seringkali dikaitkan dengan keberadaan mahluk halus penunggu yang disebut Lembudana-Lembudini, ular berkepala kerbau, buaya putih, dan makhluk astral lainnya. 

 

Mitos-mitos ini telah menjadi bagian dari turun temurun dalam masyarakat setempat.

 

Sebagian warga di sekitar bantaran sungai Pemali, seperti di Kauman Kecamatan Brebes dan Pebatan Kecamatan Wanasari, menyatakan bahwa sebelum terjadi korban tenggelam, ada isyarat-isyarat mistis tertentu yang muncul.

 

Lembudana-Lembudini, menurut keyakinan masyarakat setempat, adalah makhluk halus penunggu sungai berwujud ular dengan kepala kerbau. 

Sumber: