Incaran Wisatawan, Di sini Tempat Makan Sate Blengong Tegal yang Mantul

Incaran Wisatawan, Di sini Tempat Makan Sate Blengong Tegal yang Mantul

Sate blenong khas Tegal yang nikmat-Foto: ksmtour.com-

RADAR TEGAL - Salah satu kuliner yang digemari masyarakat Indonesia adalah sate. Terdapat berbagai jenis olahan sate yang disesuaikan tergantung daging dan bumbunya. 

 

Pada umumnya olahan sate di pasaran menggunakan daging kambing, ayam, maupun sapi. Namun, di wilayah sekitar Tegal dan Brebes terdapat salah satu sajian sate terkenal, yaitu sate blengong. 

 

Sudah pernah mencicipi atau baru dengar nama kuliner ini? hidangan sate blengong menjadi makanan khas Tegal yang rasa nikmatnya tiada tara. Ini dia beragam fakta menarik tentang sate blengong khas Tegal 

BACA JUGA:3 Tempat Makan Bakso di Tegal, Enak dan Terjangkau!

Bahan utamanya daging blengong 

Hewan blengong termasuk salah satu spesies yang unik dan berasal dari hasil kawin silang antara entok betina dan itik jantan, atau sebaliknya. Metode kawinnya adalah kawin suntik. 

 

Tubuhnya jika dilihat sekilas mirip dengan bebek, tetapi blengong memiliki perbedaan pada ekor dan kepalanya yang cukup mencolok jika memperhatikan lebih detail. 

 

Blengong memiliki sebutan lain, yakni tiktok (itik entok) atau tongki. Hewan ini termasuk memiliki bobot yang lebih besar dengan karakteristik tekstur daging lebih lembut dan gurih dibandingkan bebek. 

 

Selain itu, kadar lemak blengong termasuk lebih rendah. Dagingnya juga tidak berbau amis, dan daging hewan ini juga lebih kesat. 

 

Beragam pengolahan blengong 

Sate blengong terlintas mirip dengan sate pada umumnya, tetapi pengolahan sate ini tidak hanya dibakar. Biasanya, blengong akan dimasak terlebih dahulu sebelum diolah menjadi sate. 

 

Proses memasak blengong ini cukup membutuhkan waktu yang lama. Daging blengong diris kecil, lalu direbus. Saat proses ini, berbagai rempah dan santan akan dimasukkan bersama. 

 

Sehingga hasil daging blengong akan lebih empuk dan sudah meresap bumbu dengan sempurna. Setelah itu, daging akan ditusuk seperti sate pada umumnya.

 

Sate blengong ini sudah dapat disajikan bersama kupat glabed khas Tegal maupun dibakar terlebih dahulu, agar menjadi sate blengong bakar yang nikmat. 

 

Bahan bumbu dan rempah pada sate blengong mudah dijumpai, seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dan ketumbar. Semua bahan tersebut dicampur santan dan kacang tanah sangrai halus. 

Agar terasa makin nikmat, sate blengong dapat dibalur dengan bumbu merah yang gurih dan pedas sebelum dibakar atau saat menyantap dengan kupat glabed. 

BACA JUGA:Nikmatnya Kupat Glabed Kuliner Khas Tegal, Bikin Susah Move on

Rekomendasi tempat makan sate blengong di Tegal 

 

Sate blengong dapat mudah dijumpai di wilayah Tegal seperti pada pasar tradisional. Tarif harga sajian ini juga tergolong murah. Namun, terdapat sebuah tempat yang menjadi rekomendasi makan sate blengong. 

 

Warung Monggo Mas Nyate atau Warung Sate Mba Yati menjadi salah satu warung makan sate blengong yang terkenal kelezatannya. Usaha ini telah dibuka sejak 2017 dan terus berkembang hingga hari ini. 

 

Menu sate blengong di warung ini juga disukai masyarakat sekitar karena rasanya yang gurih, lembut. Hal ini juga yang membuat sate blengong mbak Yati menjadi menu andalan. 

 

Sate blengong juga memiliki keistimewaan lain, karena tidak membuat pusing setelah dimakan bagi penderita darah tinggi. Di sini anda bisa menikmati sajian sate yang nikmat dengan pemandangan sawah yang nyaman. 

 

Lokasi warung ini berada di Desa Tegalandong, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00-21.00 WIB. Selain itu, warung ini sudah memiliki cabang di Yomani, Bandasari, dan Pegirikan. 

 

Tidak hanya sate blengong, di warung milik mba Yati ini juga tersedia menu soto, sop. dan ayam goreng, Makan semakin nikmat dengan sambal kecap yang disediakan. 

BACA JUGA:Ternyata Di sini 3 Rekomendasi Tempat Makan Sate Kambing Tegal yang Enak dan Terjangkau

Itu dia ulasan terkait kuliner sate blengong khas Tegal yang melegenda kelezatannya. Jangan lupa untuk mencoba kuliner ini ya.***

Sumber: www.idntimes.com/food/diet/fatma-roisatin-nadhiroh/trivia-sate-blengong-c1c2?page=all