Pesona Desa Wisata Cempaka Tegal, Ada Pasar Slumpring Sajikan 47 Kuliner dan Bermain Di Bukit Bulak Cempaka

Pesona Desa Wisata Cempaka Tegal, Ada Pasar Slumpring Sajikan 47 Kuliner  dan Bermain Di Bukit Bulak Cempaka

Pasar Slumpring Cempaka Tegal-Instagram@pasarslumpring-

RADARTEGAL.DISWAY.ID Terletak lereng Gunung Slamet bagian selatan hadir beragam spot  wisata Tuk  Mudal, Bukit Bulak Cempaka. Kemudian  Camping ground Hil Top, Pasar Slumpring surganya kuliner yang lezat dan begitulah pesona  Desa Wisata Cempaka Tegal yang bisa jadikan alternatif wisata keluarga.

Sejarah  Awal Terbentuknya Desa Wisata Cempaka Tegal

Sebelum mengetahui seperti  apa pesona Desa wisata Cempaka  ada baiknya mengenal sejarah awal. Sesungguhnya  desa Cempaka berada pada jalur  menuju wisata Pemandian Air Panas Guci.

Seperti kampung umumnya suasana pedesaan yang terletak di  kaki Gunung Slamet kemudian sebagian besar penduduknya bekerja  sebagai  petani. Meski berada  di kawasan gunung  potensi wisata cukup baik salah satunya  kawasan Tuk Mudal yang indah.

Dari potensi wisata  seperti itu  pemuda Desa Cempaka bersama  kepala desa menggelar  Festival Bumijawa. Langkah itu sebagai strategi mengenalkan Desa Wisata Cempaka Tegal dan tampaknya inovasi berhasil mendorong kreativitas  lain lebih  spektakuler  sampai akhirnya sukses seperti sekarang

 Pesona Desa Wisata Cempaka Tegal

Dari keberhasilan menggelar Festival Bumijawa pemuda pemudi Desa Wisata Cempaka Tegal membentuk Kelompok Sadar  Wisata. Pokdarwis tersebut berusaha keras  mengembangkan keindahan alam  maupun potensi yang  ada, seperti Bukit  Bulak Cempaka, Tuk Mudal, Camping Gound  Hil Top dan  Pasar Slumpring.

Pasar  Slumpring Cempaka

Salah satu  pesona  Desa Wisata Cempaka Tegal   yakni pasar Slumpring yang  memiliki  ciri khas unik. Tiket masuk dengan menukarkan uang pakai koin bambu kemudian nuansa  pasar  bambu dan sajian kuliner makanan minuman tradisional.

Ada beberapa hal menarik di  pasar Slumpring Cempaka salah satunya  transaksi  jual beli  memakai iratan bambu, Jika ingin belanja  di sini pengunjung  menukarkan uang terlebih dahulu dilokasi  pasar.

Meski konsepnya pasar tradisional sistem  pembayaran sudah tehnologi digital seperti OVO, Dana hingga Gopay sehingga  memudahkan dalam bertransaksi. Makanan minuman yang dijual asli dari  rempah-rempah pilihan tanpa  zat kimia.

Ada 47 jenis  kuliner makanan minuman   dari makanan berat hingga makanan ringan untuk teman minum teh. Dari nasi jagung, serabi,  tahu aci, ketoprak hingga minuman sepert kelapa muda sampai dawet pun tersedia.

Terasa nikmat dan segar apalagi lokasi di tengah hutan bamb yang rindang. Sembari menikmati  sajian aneka kuliner nan lezat bisa  menyaksikan persembahan musik    alunan bambu oleh Pokdarwis Desa wisata  Cempaka di  panggung terbuka.

 Tuk Mudal

Pesona Desa Wisata Cempaka Tegal lain tidak boleh dilewatkan adalah Tuk  Mudal. Terletak di tengah          desa yang berfungsi sumber  mata air untuk memenuhi  kebutuhan rumah tangga   dan pengairan persawahan 200  hektar.

Dahulu  Tuk Mudal sebagai  tempat  pemandian putri raja  terbukti adanya lumpang konon untuk  mandi. Menurut cerita sebagian orang  air Tuk  Mudal  memiliki khasiat membuat awet muda,  kalau mandi pada malamJumat .

Kini, Tuk Mudal  yang lokasinya menyatu dengan pasar  Slumpring Cempaka  menjadi  destinasi wisata . Dilengkapi  kereta  air yang hampir dua tahun  beroperasi kemudian suasana adem  disekelilingnya  dihiasi rimbunan pepohonan.

Bukit Bulak Cempaka

Hal menarik lainnya cocok tempat liburan akhir pekan adalah Bukit Bulak Cempaka. Bukit yang indah seperti     sekarang atas kerjasama Pokdarwis Desa wisata  Cempaka  dengan Perhutani KPH Balapulan.

 Bukit Bulak Cempaka yang  terletak di  area petak 84  resort  Pemangkuan Hutan Kutayu t pada  ketinggian 750 mdpl.  Lokasi cukup strategis menyajikan pemandangan alam  mempesona terlebih Pokdarwis juga membangun sejumlah gazebo.

Selain itu,  ada beberapa jenis bunga  menghiasi  kawasan bukit kemudian terdapat pula  spot wisata  dari ketinggian. Berada  diujung Desa Cempaka berbatasan langsung  wilayah Kabupaten Brebes memang menawan.

Letak Bukit Bulak Cempaka menghadap ke arah barat menyajikan pemandangan berupa  hamparan persawahan nan hijau. Tidak hanya panorama sawah saja pengunjung bisa melihat pemukiman penduduk di wilayah  Kabupaten Brebes dari atas ketinggian.

Camping Ground Hill Top

Aktivitas wisata di Desa  wisata  Cempaka lain yang berbeda di  akhir pekan yaitu  camping. Arena camping ground di bukit barisan tepian desa  yang sekitarnya  ada  Bukit Bulak, Bukit Cengis, Bukit  Mengger dan Bukit  Brongkol.

Keempat bukit  ini memang berbeda  jika memanfaatkan kegiatan camping  di sini dengan tingkat ketinggian tidak  sama. Jika  ingin menantang lebih ekstrim bisa mencoba camping di  Bukit  Brongkol, bukit tertinggi  di Desa Cempaka.

Homestay

Wisatawan yang ingin menginap selama liburan di sini Pokdarwis menyediakan akomodasi  penginapan homestay. Setidaknya  ada  37 homestay yang berupa rumah biasa yang  disewakan kamar-kamarnya bersih dan nyaman.

Homestay masih menyatu dengan rumah penduduk dan dari model  homestay  seperti ini. Wisatawan terasa lebih serta akrab bersama warga setempat dan demikian tadi pesona Desa Wisata Cempaka Tegal yang tidak saja menawarkan Bukit Bulak Cempaka, pasar Slumpring  tetapi  juga  homestay yang  nyaman cocok  alternatif  wisata keluarga.*

 

 

Sumber: