PIP Jajaki Kerja Sama dengan Pemkab Brebes, Kenalkan Pembiayaan UMi untuk UMKM

PIP Jajaki Kerja Sama dengan Pemkab Brebes, Kenalkan Pembiayaan UMi untuk UMKM

Pj Bupti (tengah) saat menerima perwakilan dari PIP terkait kerjasama UMi di ruangannya, Rabu, 26 Juli 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes mengenalkan pembiayaan ultra mikro (UMi) kepada pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Hal itu diketahui usai perwakilan PIP Kemenkeu melakukan audensi dengan Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin di ruang kerjanya, Rabu, 26 Juli 2023.

Direktur Hukum dan Manajemen Resiko PIP Kemenkeu, Imaduddin, mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat terutama pelaku UMKM yang belum mengetahui terkait pembiayaan UMi tersebut. Karenanya, pihaknya menggandeng Pemkab Brebes untuk memperkenalkan pembiayaan UMi ke masyarakat luas.

"Kami telah melakukan audiensi dengan Pak Pj Bupati terkait pembiayaan ultra mikro dari PIP," ujarnya.

Pembiayaan UMi sendiri, lanjutnya, merupakan pembiayaan ke pemilik UMKM. Untuk penyaluran pembiayaan UMi sendiri, pihaknya bakal menggandeng koperasi yang ada di Brebes.

"Untuk syarat menjadi penyalur pembiayaan sendiri, koperasi ini harus berpengalaman dalam penyaluran pada UMKM selama dua tahun. Yang terpenting, koperasi ini harus sehat," jelasnya.

Dalam pembiayaan nantinya, setiap debitur akan mendapatkan plafon maksimal sebesar Rp20 juta. Adanya kerjasama dengan Pemda Brebes ini, nantinya ada beberapa skema yang dapat dilakukan. Salah satunya, pemberian subsidi suku bunga, iuran jasa penjaminan yang biasa dibayar oleh koperasi bisa dibiayai oleh APBD.

"Jika sudah mendapat pembiayaan, nantinya ada program pendampingan. Jadi, tidak serta merta jika sudah mendapatkan pembiayaan, akan dilepaskan begitu saja, melainkan akan ada pendampingan," ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin menyambut baik dengan adanya kerjasama tersebut. Menurutnya, hal ini merupakan sebuah peluang yang sangat bagus dalam meningkatkan kualitas UMKM di Brebes.

"Penawaran-penawaran ini baru kita dengar. Selama ini UMKM kita memang melakukan akses permodalannya mulai dari KUR dan sumber permodalan lainnya," ujarnya.

"Dan tadi tidak hanya terkait permodalan saja, melainkan juga berbagai program lainnya. Secepatnya kita akan sampaikan ke beberapa koperasi yang ada di Brebes," lanjutnya.

Pemilik UMKM di Brebes, lanjut Pj Bupati, jumlahnya sangat banyak. Tentu adanya program dari PIP harapannya bisa meningkatkan kualitas UMKM di Brebes.

"Yang dibutuhkan pemilik UMKM ini selain pemasaran adalah permodalan. Jadi, adanya permodalan dari PIP sangat kami harapkan dapat membatu para UMKM di Brebes," tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes Zaenudin mengatakan, pihaknya akan secepatnya mengumpulkan para UMKM dan koperasi yang ada. Sehingga, bisa menyerap anggaran yang sudah disediakan oleh PIP.

Sumber: