6 Oleh-oleh Khas Kota Tegal, Cita Rasa yang Lezat Dari Tahu Aci Hingga Olos

6 Oleh-oleh Khas Kota Tegal, Cita Rasa yang Lezat Dari Tahu Aci Hingga Olos

Oleh-oleh Khas Tegal (Kerupuk Antor, Tahu Aci, Latopia)--

TEGAL, radartegal.disway.id - Kota Tegal merupakan salah satu Kota yang memiliki banyak khas, mulai dari bangunan, kuliner, wisatanya. Utamanya dalam oleh-oleh khas daerah yang mempunyai cita rasa yang lezat.

Masyarakat Indonesia lebih memilih kuliner yang bisa menemani kalian dalam perjalanan atau mencoba cita rasa makanan luar daerah.

Tegal memiliki banyak khas salah satunya kuliner yang sudah terkenal dengan tahu aci murni. Selain tahu aci masih banyak khas Tegal lainnya di antaranya sebagai berikut.

1. Tahu Aci 

Siapa yang sudah tidak asing lagi dengan salah satu kuliner yang enak dan tidak kalah dari makanan lainnya. Yaaa kuliner yang satu ini sudah sangat terkenal bagi wisatawan yang sedang berlibur atau anggota keluarga yang merantau dan selalu membawa kuliner tahu aci.

Untuk harga di setiap toko berbeda-beda, ada yang mulai dari harga Rp 800 sampai Rp 1.200, namun ada juga yang menjual satu bijinya sampai Rp 2.000.

2. Olos 

Oleh-oleh yang satu ini hampir sama saja seperti tahi aci yang mana lebih enak dikonsumsi langsung saat masih panas atau hangat. Olos memiliki bentuk seperti cimol yang terbuat dari tepung kanji dan dicampur terigu yang diisi sayur kol dan irisan cabai. Namun, Olos sekarang-sekarang ini ada yang diisi dengan sosis, telor, ayam.

3. Kerupuk Antor

Berikutnya oleh-oleh yang bisa jadi teman makan yaitu kerupuk antor. Kerupuk antor dibumbui dengan menggunakan pasir atau disangrai. Oleh-oleh ini terbuat dari singkong dan kemudian dipotong-potong tipis lalu dijemur.

4. Pilus

Kemudian oleh-oleh yang hampir semua tahu dan sudah menjadi salah satu produk pilus kemasan. Pilus sama saja bisa jadi teman makan kalian. Pilus ini terbuat dari tepung terigu, kanji, kucai, dan bumbu.

5. Latopia

Oleh-oleh yang satu ini mirip dnegan bakpia. Perbedaannya, terletak pada bentuknya, latopia berbentuk kotak dan lebih besar. Rasa dari latopia gurih dan manis lalu diisi oleh macam-macam rasa, mulai dari kacang hijau, cokelat, buah, susu, bawang, keju, gula aren, dan durian.

Sumber: